13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Pemkab Pakpak Bharat Sosialisasi Fungsi Kewaspadaan Dini Masyarakat

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mensosialisasikan Peran dan Fungsi Kewaspadaan Dini Masyarakat dalam upaya menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat. Kegiatan digelar di Aula Bale Sada Arih, Rabu (9/11/22).

Acara tersebut dibuka Sekretaris Daerah Jalan Berutu S.Pd MM serta dihadiri Kapolres Pakpak Bharat AKBP Rocky H Marpaung SIK SH MH, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah OPD), tokoh masyarakat, para camat serta sejumlah undangan.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Pakpak Bharat Ronald Lubis SE menjelaskan bahwa Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat adalah sebuah Organisasi Masyarakat yang menjadi mitra pemerintah.

Baca Juga:Adei Johan Banurea Jabat Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat

“Sebagai mitra pemerintah, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ini bertugas untuk menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan serta pembangunan, juga memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan tim kewaspadaan dini Pemerintah Daerah di Kabupaten Pakpak Bharat,” kata Ronald yang juga Legislator Partai Demokrat ini.

Sementara itu Kapolres Pakpak Bharat AKBP Rocky H Marpaung dalam paparannya menguraikan tiga point penting dalam meminimalisir setiap Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT), yakni supaya segera memahami dan mengetahui potensi AGHT, memperhitungkan resiko ancaman, serta bekerja sama dan berkoordinasi serta berkolaborasi dalam upaya penanganan.

Baca Juga:Wabup Pakpak Bharat Sampaikan Nota Pengantar RAPBD 2023

“Hindari setiap perilaku yang berpotensi mendatangkan gangguan keamanan dan ketertiban, kalau bisa mari kita arahkan masyarakat untuk selalu berbuat hal-hal positif, manfaatkan sarana yang ada, baik gedung olah raga, taman rekreasi, hiburan positif dan sebagainya ke arah yang berbau positif,” jelas Kapolres

Sementara Sekda Jalan Berutu S.Pd MM mewakili Bupati mengatakan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat merupakan sebuah wadah yang dibentuk guna menampung banyak aspirasi masyarakat dalam mendukung program pembangunan. “Organisasi ini sangat penting  bagi kita, mendukung program pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat, membantu mengantisipasi isu-isu negatif di masyarakat, membantu menyosialisasikan program pembangunan di masyarakat,” jelas Jalan Berutu.(sampan/hm15)

Related Articles

Latest Articles