12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Dinsos Pakpak Bharat Gelar Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menggelar kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Senin (6/5/2024).

Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para angkatan kerja dalam memasuki dunia kerja formal.

“Kegiatan dilaksanakan guna membantu masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang merupakan pencari kerja/adik-adik alumni SMA/SMK dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh,” lata Supardi Padang.

Baca juga: KPU Pakpak Bharat Tetapkan 20 Anggota DPRD Terpilih Pada Pemilu 2024

Prinsip penempatan tenaga kerja, lanjut Padang, The Right Man on The Right Job”.

Untuk bisa memenangkan persaingan di pasar kerja sektor formal, para pencari kerja, lanjut Padang, harus memiliki 3 kriteria yang dibutuhkan, yaitu kualifikasi, kemampuan dan keahlian.

Kegiatan di SMK N 1 Siempat Rube, SMA N 1 Tinada, dan SMK N 1 Pergetteng-Getteng Sengkut ini juga diisi dengan penyuluhan dan bimbingan jabatan, penjelasan dan demo penggunaan aplikasi “SIAPKERJA” (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerja) yang merupakan platform utama digital layanan publik yang bergerak di bidang ketenagakerjaan.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tumpak Boangmanalu ketika memandu penggunaan aplikasi tersebut mengatakan, platform ini bertujuan agar masyarakat, lembaga hingga perusahaan lebih mudah untuk mengakses layanan yang sudah disiapkan.

Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat juga mengundang dan menghadirkan Kepala Cabang Medan PT Mitra Sinergi Sukses salah satu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Ke Negara Jepang dalam kesempatan ini.

Baca juga: Pemkab Pakpak Bharat Gelar Musrenbang RPJPD: Acuan yang Sangat Penting

Ricky, perwakilan PT Mitra Sinergi Sukses menjelaskan informasi lapangan kerja yang tersedia di Negara Jepang, mekanisme/ proses keberangkatan yang sah, pembiayaan, gaji UMR setelah dikonversi dengan rupiah sebesar Rp18.000.000/bulannya.

Proses persiapan, kata dia, diawali dengan seleksi, serta persiapan pelatihan N5 dan N4.(Sampang/hm22)

Related Articles

Latest Articles