12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemkab dan Polresta Deli Serdang Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

Deli Serdang I MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang bersama Polresta daerah itu mengajak semua pihak terkait ikut mencegah dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Deli Serdang.

Ajakan itu disampaikan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dalam pidatonya yang dibacakan Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso pada apel kesiapsiagaan pencegahan dan antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Alun-Alun Pemkab setempat yang dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, Senin (31/7/23).

Bupati Ashari Tambunan dalam pidatonya menjelaskan Kabupaten Deli Serdang merupakan daerah dengan letak geografis dataran rendah dan tinggi.

Kondisi tersebut membuat Deli Serdang termasuk dalam daerah yang rawan bencana alam.

Baca juga : Wabup Deli Serdang Beri Apresiasi Peraih Medali Asean Para Games Kamboja 2023

“Apalagi beberapa belakangan ini dihadapkan dengan cuaca ekstrem yang bisa mengakibatkan bencana alam hidrometeorologi.Seperti banjir, tanah longsor, puting beliung serta kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, Deli Serdang juga menjadikan perkebunan sebagai salah satu penyokong perekonomian yang dikelola perusahaan swasta maupun negara,” kata Ashari Tambunan.

Menurut Ashari, di samping menambah pendapatan bagi daerah, aktivitas perkebunan juga menjadi salah satu faktor penyebab tingginya potensi bencana dan kebakaran hutan dan lahan jika tidak dikelola dengan baik.

“Tentu hal ini perlu kita sikapi dengan serius dan menetapkan kejadian bencana dalam menjadi skala prioritas utama dalam perencanaan yang komprehensif. Mengingat kompleksitas permasalahan bencana dan kemungkinan potensi berulangnya serta akibat dan dampak yang ditimbulkan cukup luas di segala sektor,” paparnya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi bencana dan Karhutla, tentu membutuhkan koordinasi lebih intensif agar penyelenggaraan penanggulangan bencana bisa dilakukan secara terkoordinasi, terpadu, terarah dan menyeluruh.

Baca juga : Ribuan Warga Deli Serdang Terinfeksi HIV, DSTF Desak Perda AIDS Segera Dibuat

Karenanya, kepada seluruh pemangku kepentingan diinstruksikan agar bisa meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan melakukan berbagai simulasi.

Hal ini penting agar setiap pihak, baik masyarakat maupun aparat mengerti dan memahami sikap dan langkah yang harus diambil ketika terjadi Karhutla.

Dengan digelarnya apel tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesiapsiagaan dalam mencegah bencana Karhutla serta memberi gambaran bagi masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dari segala faktor yang bisa meningkatkan potensi kebakaran.

Baca juga : Pemkab Deli Serdang Komit Tekan Angka Stunting, Wabup: Seluruh Sektor Harus Terus Bergerak

Dalam tanggap bencana, tambahnya, bukan menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah, TNI/Polri, Tim Search and Rescue (SAR) maupun instansi terkait saja, tapi juga panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggungjawab bersama.

“Karenanya, mari terus kita rapatkan barisan seraya berdoa Semoga wilayah kita terhindar dari segala bencana,” tandas Ashari. (rinaldi/hm18)

Related Articles

Latest Articles