9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemkab Asahan Ikut Kokohkan Ketahanan Pangan di Hari Pangan Sedunia

Asahan, MISTAR.ID

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-45, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang berlangsung di halaman kantor dinas setempat, Senin (16/10/23).

Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Asahan, Ali Mughofar, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok, baik di tingkat produsen maupun konsumen. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan dan daya beli masyarakat terhadap pangan pokok.

Ia mengatakan bahwa pemahaman akan pentingnya ketahanan pangan harus menjadi fokus bersama. GPM dalam rangka Hari Pangan Sedunia di Kabupaten Asahan merupakan upaya nyata untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian, dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Baca juga: Persoalan Pangan Global Pengaruhi Inflasi di Sumatera Utara

“Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau, dengan efek stabilisasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan,” kata Ali Mughofar.

Sementara itu, asisten Perekonomian dan Pembangunan Oktoni Eriyant  yang mewakili Bupati Asahan, turut menyampaikan pentingnya bijak dalam berbelanja dan mengkonsumsi makanan.

Ia mengajak masyarakat untuk menyadari bahwa makanan harus menjadi sumber kehidupan, bukan sekadar kesenangan. Oktoni juga memberi pesan untuk menghentikan pemborosan pangan.

Baca juga: Dinas Ketahanan Pangan TPH Sumut Pacu Program Gernas El Nino

Kegiatan berlanjut dengan peninjauan gerai Gerakan Pangan Murah yang tersebar di halaman kantor Dinas Ketapang Kabupaten Asahan. Dalam momen ini, masyarakat dapat memperoleh berbagai pangan dengan harga terjangkau. (Perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles