12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemdes Matio di Toba Alokasikan Dana Desa untuk Jalan Usaha Tani

Toba, MISTAR.ID

Pemerintah Desa Matio di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, mengalokasikan Dana Desa (DD) anggaran tahun 2022 untuk pembangunan fisik sejumlah infrastruktur jalan. Di antaranya pembukaan dan pengerasan jalan usaha tani sepanjang 448 meter di Dusun 3 Jalan Bonandolok. Dimana anggaran pembiayaannya sebesar Rp230 juta. Selain itu, pengaspalan jalan desa sepanjang 280 meter dengan biaya sebesar Rp142 juta.

Hal itu disampaikan Rabin Panjaitan selaku Kepala Desa Matio, Selasa (20/9/22) saat dikonfirmasi. “Pengalokasian angaran DD untuk pembukaan jalan usaha tani sangat diprioritaskan, untuk mendukung pengembangan usaha sektor pertanian dan perkebunan di daerah itu,” kata Rabin.

Baca Juga:Pemdes Lumban Gaol Imbau Warga Optimalkan Pertanaman Padi Serentak

Dia menambahkan, kini keluhan warga sudah mulai terjawab dengan pembukaan jalan tersebut. Dimana petani susah dapat menggunakan transportasi saat beraktivitas di lahan masing-masing, baik saat pengolahan lahan dan nantinya saat masa panen di lahan itu.

“Warga sudah cukup terbantu dengan pembukaan jalan tani itu. Yang pasti sudah mendukung peningkatan produktivitas pertanian,” ujar Vendi, petani setempat.

Dia menambahkan, sama halnya dengan pengalokasian dana desa untuk pengaspalan jalan desa. “Kami nilai sudah cukup terarah dilakukan oleh pemerintah desa. Kini warga sudah lebih nyaman memanfaatkan kedua jalan tersebut,” pungkasnya mengakhiri.(james/hm15)

Related Articles

Latest Articles