20.6 C
New York
Thursday, May 23, 2024

Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Tenggiri di Sergai Resmi Dibuka

Sergai, MISTAR.ID

Pelatihan pembuatan nugget ikan tenggiri di Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai Klaudia Evinta Siregar, Kamis (30/12/21).

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir mengingat Desa Bogak Besar memiliki potensi sumberdaya ikan yang cukum memadai. Di mana banyak penduduknya menjadi nelayan sehingga diharapkan kebutuhan ikan tenggiri sebagai bahan baku nugget terpenuhi. Pelatihan bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Pesisir Indonesia (YAKOPI).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai Klaudia Evinta Siregar mengungkapkan, perempuan harus maju guna meningkatkan ekonomi di masyarakat dan khususnya perekonomian keluarga. Diharapkan pelatihan pembuatan nugget ikan tenggiri ini dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat mengingat Bogak Besar adalah desa yang termasuk di kawasan pesisir pantai, yang memiliki sumber daya ikan memadai sebagai bahan baku nugget.

Baca Juga:Dinas KUKM dan TP PKK Batu Bara Gelar Pelatihan Produk Hasil Laut

Klaudia juga berharap dari pelatihan ini dapat menjadi peluang usaha masyarakat khususnya ibu-ibu, dengan memanfaatkan handphone sebagai alat untuk memasarkan produk yang dihasilkan mengingat sekarang ini merupakan era digital. Namun, tentunya yang harus diperhatikan adalah pengemasan produk agar para pembeli tertarik membeli produk yang dihasilkan.

“Pengemasan yang baik itu menentukan di dalam pemasaran produk yang akan dipasarkan. Semoga pada pelatihan kali ini ibu-ibu bisa memperoleh ilmu bagaimana cara pemasaran yang baik, berikut dengan cara pengemasannya,” paparnya.

Koordinator Pemberdayaan Masyarakat YAKOPI Rijalul Halimi mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat serta menggali potensi desa, mengingat Bogak Besar memiliki potensi ikan, selain pembinaan menanam dan pembibitan mangrove yang sudah dilakukan.

Baca Juga:Nelayan Protes Penangkapan Ikan Pakai Pukat Trawl, Ini Kata Bobby

YAKOPI juga berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara mengajak masyarakat berperan aktif pada dunia usaha. Maka dari itu pelatihan pembuatan nugget ikan tenggiri diharapkan menjadi peluang usaha bagi warga Desa Bogak Besar.

Kepala Desa Bogak Besar Syahrum mengucapkan terima kasih kepada YAKOPI dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai yang telah melaksanakan pelatihan pembuatan nugget di desanya. Dia berharap pelatihan ini dapat membuka peluang usaha bagi warganya sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat. (boby/hm14)

Related Articles

Latest Articles