18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung akan Kembali Dibuka

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung telah lama tidak beroperasi sejak pandemi Covid-19 dua tahun lalu. Namun diperkirakan akan kembali dibuka menunggu keluarnya surat edaran dari Kementrian Perhubungan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai, M. Syafrizal SE MH  mengatakan saat ini Pelabuhan Teluk Nibung masih terkendala beroperasi dilegalitas dari surat edaran Kementrian Perhubungan, sehingga Pelabuhan Penumpang Teluk Nibung masih tutup hingga saat ini, Kamis (7/7/22)..

“Saya telah mengantarkan langsung surat permohonan pembukaan kembali Pelabuhan Teluknibung dari Wali Kota Tanjungbalai ke Kementerian Perhubungan dengan tembusan Dirjen Perhubungan Laut tertanggal 9 Juni 2022. Surat itu sedang berproses. Saat ini menunggu balasan surat berupa legalitas agar pelabuhan dapat dibuka,” sebut M. Syafrizal.

Baca juga:Bea Cukai Teluk Nibung Berbagi Sembako dengan Nelayan

Menurutnya, regulasi untuk dibukanya kembali Pelabuhan Teluk Nibung sudah tidak ada masalah, hanya kendala surat Edaran dari Kementerian Perhubungan. Sebab, pihaknya dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai telah melakukan rapat koordinasi mengenai persiapan sarana dan prasarana pendukung pengoperasian kembali pelabuhan penumpang tersebut.

“Karena CIQP atau Custom, Imigrasi, Quarantin dan Port-nya itu pelabuhan, kami lah utility-nya dan pengelola Pelindo. Pada prinsipnya kami sudah siap dan telah menyatakan kesiapan ke Wali Kota Tanjungbalai, meskipun pasca pandemi Covid-19 ada lay out yang harus kita perbaharui,” kata M.Syafrizal.

Menurut prediksinya, dalam waktu dekat ini surat dari Kementerian Perhubungan akan diterima dan pelabuhan penumpang Teluk Nibung akan segera dibuka. Kemudian, sambungnya, setelah surat dari Menteri Perhubungan sudah turun, CIQP akan melakukan simulasi mengenai keberangkatan dan kedatangan penumpang di pelabuhan.

“Kita juga masih menunggu ini dan mungkin sedikit bersabar. Saya juga mengharapkan secepatnya, karena pada intinya kami sudah siap untuk dibukanya pelabuhan ini,” ujarnya.

Terkait hubungan dengan pihak pemerintah Malaysia, kata Syafrizal, KSOP sudah melakukan komunikasi dengan pihak Atase Perhubungan di Malaysia yang menyatakan mereka bersedia dan hanya menunggu surat dari Pemerintah Indonesia yakni Kementerian Perhubungan RI. Sehingga, lanjutnya, saat ini hanya menunggu legalitas yang mengesahkan untuk perjalanan kapal dari Pelabuhan Teluk Nibung telah diperbolehkan dan akan disampaikan ke pihak Atase Perhubungan Malaysia.

Baca juga:Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai jadi Pintu Ekspor Pertanian di Indonesia

“Saya berharap lebih cepat. Aktivitas di Pelabuhan Teluk Nibung ini bisa dibuka, mungkin Juli ini atau Agustus. Sebab, hal ini keinginan kita bersama sejak lebih kurang 2 tahun terakhir tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19, karena lagi kami juga punya Dirjen Perhubungan yang baru, mungkin beliau juga menyesuaikan hingga kami juga akan terus berkomunikasi dengan beliau,”

Sementara itu, salah seorang pedagang setempat Eman (42) berharap pelabuhan ini dapat kembali beroperasi.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah pusat dan daerah dapat membuka kembali pelabuhan ini, dikarenakan kami sebagai pedagang setempat sangat merosot penghasilan dagangan jajanan di sini, apa lagi ini dapat merugikan perekenomian. (saufi/hm01)

Related Articles

Latest Articles