11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

OPD Kota Tebing Tinggi Diminta Bisa Terima dan Tampung Usulan Kelurahan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tebing Tinggi Kamlan Mursyid berharap kepedulian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat menerima dan menampung usulan-usulan dari kelurahan.

Hal itu disampaikan Kamlan Mursyid, saat membuka Pelatihan Fasilitasi Penyelenggaraan Musrenbang tahun 2024, untuk RKPD tahun 2025, di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan pemberdayaan masyarakat (DP3APM), Rabu (3/1/24).

Usulan tersebut, kata Kamlan, kemudian disinergikan dengan program kegiatan OPD, sehingga hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kelurahan dapat terakomodir.

Baca Juga: Pengangkatan Guru Tugas Belajar Jadi Kepala Sekolah di Deli Serdang Dinilai Salahi Aturan

“Kepada para fasilitator kami sangat berharap, agar lebih aktif dan bijaksana dalam memfasilitasi pelaksanaan musyawarah di kelurahan, sehingga setiap stakeholder yang ada dapat terlibat aktif, dan penetapan keputusan didasarkan untuk mufakat,” katanya.

Sebelumnya, Kamlan Mursyid menyampaikan, Musrenbang telah menjadi istilah populer dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran di daerah.

Tapi pada pelaksanaannya, musrenbang sering kali belum mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis.

Ia juga meminta proses musrenbang kelurahan jangan menjadi suatu acara seremonial saja, di mana separuh atau sebagian besar waktu diisi dengan sambutan atau pidato.

Baca Juga: Suasana Pintu Tol Tebing Tinggi-Indrapura Jelang Pergantian Tahun

Pada kesempatan itu, Kamlan turut mengingatkan peserta dan fasilitator, surat edaran Walikota Tebing Tinggi No. 050/8404/BAPP-TT, tentang petunjuk teknis penyelenggaraan musrenbang RKPD tahun 2025 Kota Tebing Tinggi, dan RPJPD tahun 2025-2045 Kota Tebing Tinggi.

“Rapat koordinasi antar OPD terkait, ditekankan bahwa pelaksanaan pada minggu kedua bulan Januari 2024, sedangkan pelaksanaan musrenbang kecamatan akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Februari 2024,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas DP3APM, Sri Wahyuni, Kepala Bappeda, Erwin Suheri Damanik, OPD terkait, Camat, Lurah, LPM, KPM, dan Fasilitator. (Nazli/hm22)

Related Articles

Latest Articles