19.7 C
New York
Monday, May 27, 2024

Mediasi Kepemilikan Rumah di Kelurahan Pardede Onan Temui Jalan Buntu

Toba, MISTAR.ID

Polsek Balige menghadiri rapat mediasi di kantor Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Senin (27/5/24), yang dilaksanakan oleh pihak kelurahan setempat.

Mediasi dilakukan terkait surat permohonan dari Halomoan Napitupulu untuk mengosongkan satu unit rumah yang ditempati Hendra Napitupulu di Pardede Pasir, Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Kapolsek Balige, Iptu Slamet Pasaribu menjelaskan, pada Selasa (21/5/24), Halomoan menyampaikan surat permohonan untuk mengosongkan satu unit rumah yang ditempati Hendra Napitupulu kepada Lurah Pardede Onan, sehingga Lurah mengadakan pertemuan di Kelurahan Pardede Onan.

“Adapun permintaan dari pihak Halomoan Napitupulu adalah berdasarkan sertifikat, supaya rumah yang ditempati Hendra Napitupulu agar segera dikosongkan,” ujar Kapolsek.

Baca Juga : Polsek Harian Mediasi Permasalahan Perusakan Jalan di Desa Hariarapintu

Dikatakannya, sebelumnya sudah dilakukan mediasi sebanyak tiga kali di Kelurahan Pardede Onan. Menurut Halomoan Napitupulu, salah satu poin mediasi tahun 2010 supaya pihak Hendra Napitupulu mengosongkan rumah setelah istrinya lahiran anak pertama.

Sementara permintaan dari pihak Robinson Napitupulu yang merupakan orang tua dari Hendra Napitupulu yaitu, rumah dimaksud merupakan warisan dari orang tuanya, dan rumah tersebut adalah milik keluarga bukan milik pribadi.

Apabila ada niat untuk membangun rumah tersebut, maka harus sama-sama bertanggung jawab dan rumah tersebut tidak pernah dibahas untuk dijual apalagi secara sepihak.

Senada, masukan dari pihak Tiurlan Napitupulu yang merupakan saudara perempuan dari Robinson Napitupulu dan saudara perempuan dari orang tua Halomoan Napitupulu menuturkan bahwa rumah dimaksud merupakan rumah milik bersama karena rumah tersebut adalah warisan dari orang tua mereka.

Hendra Napitupulu menempati rumah tersebut atas persetujuan anggota keluarga kecuali pihak Halomoan Napitupulu dengan alasan rumah tersebut dalah rumah pribadi karena telah dijual kepada orang tuanya, menurut Tiurlan Napitupulu.

Related Articles

Latest Articles