17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Mayjen Ilyas Alamsyah Kunjungi Desa Terpencil Hasinggaan Samosir Lokasi TMMD

Samosir, MISTAR.ID

Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat Mayjen TNI Ilyas Alamsyah mengunjungi Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, sebagai lokasi kegiatan TMMD Kodim 0210/TU 2022, Jumat (28/10/22).

Tujuan kunjungan itu untuk memastikan kegiatan TMMD terlaksana sesuai jadwal. Pada kesempatan tersebut, Mayjen Ilyas menyampaikan, TMMD 115 hanya sebagai awal pembukaan jalan.

“Nanti setelah selesai diserahkan ke pemerintah untuk ditindaklanjuti pembangunannya,” ungkapnya.

Baca Juga:Tim TMMD Ke-115 Kodim 0210/TU Beraksi di Samosir, Pasi Intel: Jangan Meninggalkan Utang di Warung-warung

Ia menambahkan, TMMD ke-115 tujuan utamanya membuka akses jalan ke daerah terisolir serta menumbuhkembangkan kerja sama gotong royong TNI bersama masyarakat.

Mengenai pesan dan kesan setelah berkunjung ke Desa Hasinggaan sebagai lokasi kegiatan TMMD, Ilyas mengatakan, “Yang penting kita semua cinta kedamaian, kondusif dan taat aturan. Kalau ada perbedaan pendapat, ya kita selesaikan secara baik-baik, musyawarah.”

Ditanya mengenai rencana lanjutan program TMMD di Desa Hasinggaan tahun berikutnya, Mayjen Ilyas mengatakan dirinya hanya berharap Pemkab Samosir cepat menindaklanjuti pembangunan jalan tersebut.

Baca Juga:Satgas TMMD Bersama Warga Bersihkan Lingkungan di Hasinggaan Samosir

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ketika ditanya mengenai akses jalan dari Desa Bonan Dolok menuju Hasinggaan yang belum dapat dilalui kendaraan roda empat, bahkan masih sulit dilalui kendaraan roda dua mengatakan, Pemkab akan mempertimbangkan anggaran untuk menindaklanjuti permohonan warga.

“Waktu mulai pembukaan TMMD ini juga secara lisan warga sudah menyampaikannya, dan telah kami jawab, mudah-mudahan tak ada kendala,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan itu, Dandim 0210/TU Letkol Hari Sandra menjelaskan capaian progres kegiatan TMMD 115 di hadapan Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat Mayjen Ilyas Alamsyah.

Baca Juga:Kegiatan TMMD, Pemdes dan Warga Hasinggaan: Terima Kasih TNI dan Pemkab Samosir

Adapun progres kegiatan TMMD sampai hari ini, Jumat (28/10/22) yakni, pembukaan jalan sepanjang 1.200 meter telah selesai, lalu jembatan darurat dua unit progresnya sekitar 60 persen, pembuatan dyk atau Tembok Penahan Tanah (TPT) 500 meter sudah hampir rampung.

“Untuk kegiatan non fisik, awal bulan November kita mulai, kegiatan fisik ini dulu kita kejar supaya bisa selesai sesuai jadwal,” pungkas Heri.

Tokoh masyarakat Desa Hasinggaan Budiman Sagala, memberikan ulos sebagai lambang kehormatan kepada Wadan Pusterad.

Baca Juga:TMMD ke 115, TNI Bangun Akses Jalan di Dua Desa Pesisir di Asahan

“Ulos ini nilainya tak seberapa, tapi ini sebagai lambang persaudaraan dan kekeluargaan. Jangan lupa pak Jenderal datang lagi ke Desa Hasinggaan ini,” ujarnya.

Di akhir acara, Wadan Pusterad Mayjen Ilyas bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom memberikan bola voli kepada perwakilan Karang Taruna Desa Hasinggaan, bingkisan kepada lansia.

Ilyas dengan canda gurau seraya tersenyum kepada masyarakat yang hadir bertanya, “Apakah senang dengan pembukaan jalan di Desa Hasinggaan ini?”

Sontak ibu-ibu yang hadir di Posko TMMD menjawab serentak, “Senang Pak Jenderal. Semoga tahun depan pemerintah melanjutkan pembukaan jalan.” (pangihutan sinaga/hm14)

Related Articles

Latest Articles