19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Lewat Bedah Musik Kebangsaan Mahasiswa di Asahan Dapat Penguatan Nilai Pancasila

Asahan, MISTAR.ID

Sosialisasi penguatan nilai Pancasila dilakukan dengan acara Bedah Musik Kebangsaan 2022 yang menampilkan sejumlah musisi di Universitas Asahan (UNA) Selasa (13/12/22). Acara itu digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan gerakan sosial Care Indonesia dengan sejumlah musisi di dalamnya.

Metode sosialisasi penguatan Pancasila ini digelar bukan dengan model seminar melainkan pertunjukan musik dengan aransemen lagu kebangsaan di dalamnya.

Wakil Kepala BPIP Karjono mengatakan kondisi pemahaman ideologi Pancasila pada generasi muda saat ini cukup memprihatinkan dan harus ada upaya tak biasa untuk membumikan kembali nilai–nilai tersebut dengan memutar ulang lagu kebangsaan lewat genre yang diminati anak muda saat ini dan dibedah bagaimana lirik serta pesan yang disampaikan di dalamnya.

Baca juga: SMA Negeri 1 Bandar Simalungun Gelar Bazar Kelas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

“Mengapa dengan musik, cara ini harapan kami bisa lebih mengena dan santai bisa lebih mudah diterima kaum milenial,” kata dia. Ditambahkannya, konsep sosialisasi nilai-nilai Pancasila lewat musik ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Artinya, menyesuaikan dengan kedekatan anak muda dengan teknologi, sehingga kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila tidak terkesan seperti doktrin.

Selain Wakil Kepala BPIP, hadir sebagai pembicara dalam kesempatan itu Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Akbar Hadiprabowo selaku Direktur Sosialisasi, Komunikasi BPIP, Prof Tri Harsono selaku Rektor Universitas Asahan dan dimoderatori oleh
Hotrun Siregar selaku Analisis Kebijakan Ahli Madya.

Ketua komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung yang menjadi narasumber pada acara itu sekaligus termasuk menginisiasi gerakan tersebut mengatakan pemahaman Pancasila harus dikemas dengan program menarik salah satunya dengan musik.

“Ketika ide ini disampaikan ke teman – teman musisi ternyata mereka mempunyai kegelisahan yang sama. Akhirnya jadilah kolaborasi ini dan kita buat album Nyanyian Rumah Indonesia isinya ada lagu nasional yang diaransemen ulang dengan genre anak sekarang dan inilah yang kita sosialisasikan,” kata Doli.

Dalam acara ini, BPIP bekerja sama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care yang merupakan komunitas anak muda yang fokus dalam gerakan membangun semangat kebangsaan. Komunitas ini diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tanjung yang juga merupakan
produser eksekutif sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album Nyanyian Rumah Indonesia.

Baca juga: Stand SMK Negeri 1 Siantar Ikut Meramaikan Gebyar MTQ Pelajar Pancasila Tahun 2022

Lagu-lagu yang dibawakan berjudul Dari Sabang Sampai Merauke, Bangun Pemudi Pemuda, Indonesia Pusaka, Sempurnaku Di Sini, Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Rumah Kita dan Pacasila Sudah Final.

Indonesia Care adalah satu gerakan sosial yang dimotori oleh artis musik, pekerja seni dan praktisi dari berbagai bidang yang memiliki satu visi bersama untuk peduli dengan kondisi kebangsaan. (perdana/hm09)

Related Articles

Latest Articles