25.2 C
New York
Monday, June 24, 2024

Komisi C DPRD Toba Imbau OPD Matangkan Rencana Penggunaan Anggaran

Toba, MISTAR.ID

Komisi C DPRD Kabupaten Toba mengimbau setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk matang dalam perencanaan yang meliputi Dinas Pendidikan, Kesehatan, Koperindag, Ketapang, Pertanian, Pariwisata, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Sosial, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Toba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial.

Anggota Komisi C DPRD Toba, Binsar Gultom menyampaikan agar setiap OPD di bawah naungan Komisi C untuk melakukan anggaran pembangunan melakukan anggaran dengan matang untuk memaksimalkan pembangunan tanpa ada sisa anggaran (Silpa) demi mewujudkan misi dan visi ‘Toba Unggul dan Bersinar’.

Berdasarkan nota pengantar laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Toba tahun 2023 yang telah disampaikan melalui paripurna pada tanggal 16 April 2024, disampaikan hasil kinerjanya selama setahun di anggaran 2023.

“Komisi C memberikan apresiasi walaupun masih ada ditemukan kekurangan dan diharapkan melakukan perbaikan dan koreksi kualitas dan metode kinerja tiap OPD pada tahun berikutnya,” papar Binsar, Senin (13/5/24).

Baca Juga : ASN Pemkab Toba Diminta Tingkatkan Etos Kerja Serta Prioritaskan Time Management

Salah satu contoh di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang memiliki anggaran di tahun 2023 sekitar Rp323 miliar lebih, dengan sisa anggaran sekitar 18 miliar lebih.

Seperti pembangunan ruang UKS beserta perabotnya di SD Negeri 173655 Lumban Rangka dengan sumber dana dari DAK serta pembangunan ruang UKS lainnya, dinilai kurang efisien.

“Untuk itu, diharapakan kepada Disdikpora agar mengevaluasi dan fokuskan pembangunan pembangunan sekolah yang memberikan manfaat bagi siswa-siswi di tingkat SD dan SMP,” ujarnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles