27.3 C
New York
Monday, April 29, 2024

KH Hasyim Asy’ari Ditabalkan Jadi Nama Jalan di Lubuk Pakam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ulama besar KH.Hasyim Asy’ari, pendiri sekaligus Rais Akbar Nahdlatul Ulama (NU) yang juga pahlawan nasional, ditabalkan namanya menjadi salah satu nama jalan di Kota Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (16/2/23).

Latar belakang penabalan KH.Hasyim Asy’ari sebagai nama jalan di ibukota Kabupaten Deli Serdang tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada ulama yang memiliki andil besar bagi Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Jalan yang ditabalkan atau diganti namanya menjadi nama Jalan KH. Hasyim Asy’ari, sebelumnya bernama Jalan Pantai Labu. Jalan tersebut sepanjang 2 kilometer mulai dari perbatasan simpang Jalan KH Ahmad Dahlan sampai Jalan Pondok Emplasemen Kualanamu, Kecamatan Beringin, yang menghubungkan Kota Lubuk Pakam ke Kecamatan Beringin, Pantai Labu dan sebaliknya.

“Beliau adalah seorang sosok ulama besar.Banyak ulama mengaku berguru kepada beliau. Telah banyak tulisan-tulisan beliau yang menjadi rujukan dari ulama-ulama yang sangat terkenal. Bahkan tidak hanya di Indonesia,tapi di dunia. Beliau telah dinobatkan sebagai salah satu pahlawan nasional. Jadi, selain karena jasa beliau dalam bidang keagamaan, beliau menguasai ajaran-ajaran agama yang kemudian diteruskannya kepada kita,” kata Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan pada peresmian Jalan KH Hasyim Asy’ari di Simpang Empat Jalan T.Imam Bonjol, tepatnya di pelataran parkir Pizza Hut, Desa Sekip, Kecamatan Lubuk Pakam.

Dijelaskan Ashari Tambunan, latar belakang KH. Hasyim Asy’ari mendirikan NU bersama ulama lainnya, salah satu dasar pemikirannya adalah agar bagaimana agama dan keagamaan serta kebangsaan menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Salah satu pendapat beliau adalah cinta tanah air merupakan bagian dari iman. Dalam perjuangan kemerdekaan, beliau menjadi tokoh sentral ketika resolusi jihad di Surabaya, pada bulan November 1945,” papar Bupati Ashari Tambunan.

Resolusi Jihad di Surabaya itu kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan, 10 November 1945. Atas andil besar itu, sambung Ashari, sangat wajar dan pantas bila KH.Hasyim Asy’ari yang dilahirkan di Desa Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur (Jatim), ayah dari KH. A Wahid Hasyim yang juga pahlawan nasional perumus Piagam Jakarta, serta kakek mantan Presiden Republik Indonesia (RI) ke-4, almarhum KH Abdurrahman Wahid itu disematkan namanya sebagai nama jalan.

Ashari Tambunan juga memberi apresiasi kepada semua pihak, khususnya DPRD Deli Serdang dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, yang telah memberi dukungan untuk penabalan nama Jalan KH Hasyim Asy’ari.

“Mudah-mudahan semua ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita, bagi diri seseorang yang kita cintai,” tandasnya

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Sumatera Utara (Sumut), H Marahalim Harahap menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Deli Serdang yang telah menyematkan nama KH Hasyim Asy’ari sebagai nama salah satu jalan di Kota Lubuk Pakam.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Pemkab Deli Serdang yang telah membuat nama jalan di kota strategis ini menjadi nama KH Hasyim Asy’ari. Sama kita pahami, KH Hasyim Asy’ari adalah tokoh nasional yang dijuluki sebagai Rais Akbar pertama Nahdlatul Ulama pada Hari Lahir (Harlah) 100 tahun (satu abad) lalu,” ungkapnya.

Sebelumnya,Kabag Kesejahteraan Rakyat, Syahrul dalam laporannya menjelaskan, penetapan KH Hasyim Asy’ari menjadi nama jalan berdasarkan Keputusan Bupati No.128 Tahun 2023, tanggal 15 Februari 2023 dan telah mendapat persetujuan DPRD Deli Serdang melalui Surat Ketua DPRD Deli Serdang No.620/587, tanggal 15 Februari 2023, perihal penamaan Jalan KH Hasyim Asy’ari.

Hadir pula pada peresmian jalan tersebut,Ketua PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan,Wabup HM.Ali Yusuf Siregar; Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIk, Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto,Wakil Ketua DPRD H. Nusantara Tarigan Silangit,unsur Forkopimda,Ketua MUI KH Amir Panatagama,Sekdakab yang juga Ketua Pimpinan Cabang (PC) NU Deli Serdang, H Timur Tumanggor, Ketua Dharma Wanita Hj Boya Yanti Timur Tumanggor,perangkat Organisasi Daerah (OPD),camat,lurah/kades se-kecamatan Lubuk Pakam.(rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles