12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Rakerda Dekranasda Sumut, Daerah Harus Miliki Produk Unggulan

Medan, MISTAR.ID

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Binjai, Nurhayati Amir Hamzah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat, Yushilda Usman, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan, Hamdani Hasibuan menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Kota Medan, pada Senin (15/1/23).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Sumut, Dessy Hassanudin.

Dalam sambutannya, Dessy menyampaikan keinginannya agar setiap Kabupaten/Kota mempunyai produk unggulan. Karena produk unggulan tersebut bisa menjadi ciri khas bagi suatu daerah.

Baca juga:Pj Ketua Dekranasda Sumut Ajak Pemda Kembangkan Produk Unggulan

“Kalau daerah tidak mempunyai produk unggulan, artinya tak memiliki target. Jadi, dengan adanya produk unggulan maka masing-masing daerah mempunyai kreativitas. Apalagi sebentar lagi akan diadakan kegiatan besar Pekan Olahraga Nasional (PON). Tentu ini menjadi momen agar setiap daerah dapat memperkenalkan produk unggulannya,” ujarnya.

Dessy juga berharap, penyelenggaraan rakerda tahun ini dapat menjadi sarana komunikasi, koordinasi, serta sinkronisasi seluruh pemangku kepentingan, untuk menyelaraskan persepsi dalam pembinaan dan pengembangan industri kerajinan berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Dekranasda.

“Saya berharap Dekranasda dapat meningkatkan hubungan kemitraan dengan berbagai pihak, guna mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan dan membangun ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi di Sumut. Semoga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Dekranasda seluruhnya dapat mengembangkan pasar kerajinan dengan memanfaatkan teknologi digital,” harapnya. (endang/hm16)

Related Articles

Latest Articles