18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Kesanggupan Pemkab Alokasikan Anggaran Pilkada Batu Bara 2024 Memprihatinkan

Batu Bara, MISTAR.ID

Berbarengan dengan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang tengah berjalan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara tengah mengajukan kebutuhan anggaran Bawaslu Kabupaten Batu Bara kepada Pemkab Batu Bara.

Pada pengajuan anggaran Bawaslu Kabupaten Batu Bara untuk Pilkada Bupati 2024 yang beririsan dengan tahapan Pemilu serentak 2024, diajukan anggaran sebesar Rp16 miliar.

“Kita ajukan anggaran Bawaslu sebesar Rp16 miliar untuk Pilkada Bupati Batu Bara 2024. Namun, Pemkab mengatakan hanya menyanggupi anggaran sebesar Rp8,5 miliar. Ini sungguh memprihatinkan,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara M Amin Lubis di kantornya, Rabu (11/10/23).

Dijelaskan Amin, anggaran Pilkada Bupati 2024 yang disanggupi Pemkab Batu Bara sangat tidak mencukupi. Pihaknya minta sedikitnya Rp12,1 miliar agar pencegahan dan penanganan Pilkada dapat maksimal.

Baca Juga : Bawaslu Awasi Coklit Data Pemilih Pemilu 2024 di KPUD Sumut

Diungkapkan Amin, pada Pilkada 2018 Pemkab Batu Bara mengalokasikan anggaran Bawaslu sebesar Rp8 miliar. Anggaran tersebut untuk kebutuhan Bawaslu Kabupaten Batu Bara dan 7 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Masa dengan penambahan 5 Kecamatan Pemkab Batu Bara hanya menambah anggaran sebesar Rp500 juta. Inikan tak logis,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Koordiv Hukum Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara Muksin Kalid menjelaskan bahwa Bawaslu Provinsi Sumut bahkan sudah minta pihaknya mengajukan anggaran Pilkada Batu Bara terlepas dari sharing anggaran Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Sumut.

Baca Juga : Bawaslu Batu Bara Siap Awasi Coklit Pemilu 2024

Untuk kejelasannya, Muksin mengungkapkan sesuai aturan Menkeu terkait honorarium berdasarkan Perbawaslu tentang tugas dan fungsi (tupoksi) Sentragakumdu dan sosialisasi fungsi pencegahan pelanggaran Pilkada dan Permendagri terkait kewajiban Pemda memfasilitasi aggaran Pilkada.

Muksin menyayangkan sikap DPRD Batu Bara yang dinilai tidak mendukung pengajuan anggaran Pilkada. Menurutnya, saat itu DPRD Batu Bara mengatakan anggaran yang diajukan KPU Batu Bara dan Bawaslu Kabupaten Batu Bara agar disharingkan dengan provinsi. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles