12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kepala Ombudsman ‘Naik Darah’ Setelah Tahu Ada Sekolah Beratap Langit di Sidempuan

Medan, MISTAR.ID

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut Abyadi Siregar mengaku kaget bahkan nyaris naik darah setelah mengetahui adanya sekolah yang masih beratap langit di Kota Padangsidempuan.

Informasi yang diperolehnya, kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 200218, Jalan Melati Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan tidak seperti sekolah umumnya.

Pasalnya, atap bangunannya beratap langit. Meski demikian, gedung tersebut masih digunakan para siswa dan guru sebagai tempat kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga: Ombudsman Ingatkan Polrestabes Objektif Soal Konflik Lahan Keluarga di Sari Rejo

Abyadi mengaku telah berkoordinasi dengan pemangku kekuasaan di Kota Padangsidimpuan perihal gedung sekolah yang beratapkan langit tersebut.

“Jujur saja, saya kaget luar biasa mengetahui informasi bahwa masih ada gedung sekolah yang beratapkan langit (tanpa atap) di Kota Padangsidempuan. Saya enggak tahu, apakah kedua pemangku kekuasaan eksekutif di Padangsidimpuan (walikota dan wakil walikota) itu tidak merasa malu di daerah yang mereka pimpin masih ada sekolah yang gedungnya beratapkan langit,” jelas Abyadi.

Ketika melihat kondisi seperti ini, kata Abyadi, sebagai masyarakat sangat wajar bila berpraduga macam-macam terjadi.

Baca Juga: Ombudsman Minta Manajemen Instalasi Pembibitan Sapi di Palas Transparan

“Apa yang dikerjakan Pak Walikota selama ini? Masa begitu tega membiarkan anak-anak belajar beratapkan langit? Masa selama sekian lama menjabat, tidak bisa mengalokasikan anggaran untuk membangun sekolah itu?,” kata Abyadi.

Setelah berkoordinasi dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Abyadi mengaku merasa sedikit lega, setelah mendapat penjelasan dari Wakil Walikota Padangsidimpuan bahwa gedung sekolah dasar (SD) yang tidak beratap di kota itu, akan segera ditangani.

“Ya, perasaan saya sedikit lega. Karena tadi malam, Pak Wakil Walikota Sidempuan menginformasikan lewat WhatsApp bahwa Walikota sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk menanganinya,” jelas Abyadi.

Abyadi berharap, perintah Walikota Padangsidimpuan itu bisa segera dilakukan. Sehingga, proses belajar mengajar para siswa tidak terganggu.

Abyadi berharap, pemasangan atap tersebut bisa rampung dalam beberapa minggu ke depan. “Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan memonitor apakah dikerjakan atau tidak. Semoga bisa segera disiapkan,” katanya.(iskandar/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles