15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kemenparekraf Gelar Sertifikasi SDM Pariwisata di Samosir

Samosir, MISTAR.ID

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan melakukan fasilitasi kegiatan sertifikasi SDM pariwisata, Selasa (8/11/22) di Tabo Cottages, Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo.

Sertifikasi diikuti 60 orang karyawan/karyawati hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Samosir. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program unggulan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf pada kawasan destinasi pariwisata super prioritas.

Di mana hal ini sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor parekraf melalui peningkatan kompetensi, penguatan kompetensi dan penambahan kompetensi baru.

Baca Juga:Menteri Pariwisata Yakin Sektor Pariwisata di Sumut Bangkit

Kemenparekraf menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Hotel dan Pariwisata (LSP Hotpari) Medan sebagai pelaksana uji kompetensi dengan menghadirkan 5 orang asesor (tenaga penguji).

Uji kompetensi akan berlangsung 2 hari, yakni Selasa (8/11/22) dengan uji kompetensi bidang food and beverage service dan Rabu (9/11/22) dengan uji kompetensi bidang food production.

Bupati Samosir Vandiko Gultom yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tetti Naibaho menyampaikan sektor parekraf berpotensi untuk menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca Juga:Kementerian Pariwisata Gelar Forum Diskusi di Danau Toba

Dikatakannya, kegiatan tersebut sangat diperlukan untuk memfasilitasi tenaga kerja pariwisata untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui suatu uji kompetensi oleh LSP yang terakreditasi, untuk menjamin keberlanjutan pasokan tenaga kerja terampil bagi sektor pariwisata.

“Selain itu, uji kompetensi ini akan mempercepat pengakuan industri pariwisata terhadap tenaga kerja pariwisata bersertifikat khususnya di kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas,” katanya. (josner/hm14)

Related Articles

Latest Articles