14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Kadishut Sumut Minta Polisi Usut Kebakaran di Perbukitan Danau Toba

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Sumatera Utara, Herianto meminta pihak kepolisian untuk melakukan pengusutan kebakaran yang terjadi di perbukitan Danau Toba Kabupaten Samosir yang kembali terjadi sejak Jumat 5 Agustus 2022 malam hingga saat ini.

Herianto mengungkapkan berdasarkan data sementara diperoleh lokasi kebakaran di Perbukitan Danau Toba berada di sekitar Perbukitan Pusuk Buhit, Tele dan Hariarapintu, Kabupaten Samosir dan sudah membakar sekitar 40 hektar lahan di sana.

“Kita telah mengerahkan kekuatan penuh untuk ke lokasi kebakaran dimana pemadaman bekerja sama dengan TNI/Polri dan Manggala. Untuk itu, kami meminta pihak kepolisian dari Polda Sumut dan Polres Samosir untuk mengusut dan menindak secara hukum terhadap pelaku kebakaran yang terus terjadi di perbukitan Danau Toba di Kabupaten Samosir,” ungkapnya, Senin (8/8/22).

Baca juga: Seorang Warga Tewas Terbakar Akibat Kebakaran Hutan di Kecamatan Muara Taput

Ia mengatakan kebakaran yang terus berulang kali terjadi diduga ada indikasi kesengajaan oknum yang melakukannya. Jadi bukan hanya kelalaian saja.

“Kami harapkan ada upaya hukum yang dilakukan pihak kepolisian. Sehingga akan memberikan efek jera kepada oknum atau pelaku pembakaran diduga secara sengaja,” jelasnya.

Padahal diketahui, Danau Toba menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Alamnya harus dijaga kelestariannya sebab menjadi danau terbesar di Asia Tenggara yang menjual keindahan dan pesona alamnya.

Baca juga: Karhutla Marak di Samosir, Bupati Minta Pelakunya Ditindak Tegas

“Kalau terus terbakar para wisatawan akan enggan berkunjung ke Danau Toba lagi,” keluhnya.

Selain itu, Herianto menambahkan kebakaran ini juga menyebabkan polusi dan mengganggu kesehatan masyarakat di Kabupaten Samosir dan sekitarnya. Maka dia berharap penuh agar pihak kepolisian seger melakukan upaya hukum.(anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles