17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Kadinkes Deli Serang: Kader Posyandu Harus Periksa Kesehatan Sejak Dini

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan SpPD-KGEH meminta Kader Posyandu untuk membuka mata tentang peningkatkan kesehatan dengan rutin memeriksakan diri ke integrasi layanan primer.

“Sakit tak sakit datang saja, minimal memeriksakan tekanan darah, gula darah dan kolestrol.Pemeriksaan itu semua tidak berbayar. Saya berharap ini jadi modal kita untuk peka terhadap kesehatan,” kata dr Asri Ludin Tambunan di sela membuka Gerakan Jambore Kader Posyandu Kabupaten Deli Serdang tahun 2024 di Pusat Promosi Produk Unggulan Daerah (P3UD) Tanjung Morawa, Selasa (30/4/24).

Gerakan Jambore tersebut diikuti lebih dari 200 peserta, dari 12 puskesmas yang tersebar di 8 kecamatan di Deli Serdang.

Baca juga: dr Asri Ludin Tambunan Daftar Balon Bupati Deli Serdang Pada 4 Parpol

Acara diawali dengan senam bersama, dilanjutkan talkshow kesehatan yang diisi oleh dr Aci dan dr Lorinda SpA.

Ia juga meminta Kader Posyandu untuk bisa terus berbagi informasi kepada warga terkait kesehatan dan layanan kesehatan yang disediakan pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

“Ini perlunya kita buka mata. Bagi warga yang tidak punya kartu BPJS yang menurut ibu-ibu susah, saya minta tolong didata dan dilaporkan ke puskesmas agar mendapatkan kartu berobat gratis. Jangan sudah sakit parah baru diobati,” paparnya.

dr Asri juga memastikan agar seluruh kader posyandu sudah terlebih dahulu memiliki kartu BPJS dan menerima pengobatan gratis dari Dinas kesehatan Deli Serdang.

“Kita sepakat agar semua kader posyandu mendapat kartu BPJS Kesehatan. Gimana saya mau bantu kalau ibu-ibu saja belum punya KIS,” tuturnya disambut riuh bahagia para kader Posyandu yang hadir.

Baca juga: Diduga Korupsi Rp856 Juta, Sekretaris Kesbangpol dan Bendahara BPBD Deli Serdang Ditahan

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinkes Deli Serdang, Sri Lisna Murni Piliang menambahkan, acara ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi, sharing dan penyemangat bagi kader posyandu.

“Kita berharap dengan acara ini para kader dapat lebih semangat memberi pelayanan di posyandu masing-masing di bawah kepemimpinan bapak Kadis,” tandas Sri Lisna.

Di akhir acara, dr Aci juga memberikan piagam penghargaan kepada para kader yang telah mengabdi lebih dari 20 tahun,serta hadiah kepada pemenang lomba. (Rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles