21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Jalan Provinsi di Asahan yang Rusak Parah Mulai Diperbaiki, Warga: Trims Ya Allah!

Asahan, MISTAR.ID

Jalan rusak parah milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Pasar XI Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan yang semula viral karena ‘dijual’ warga, kini mulai diperbaiki.

Beberapa pemuda setempat bersuka cita karena jalan di kampung mereka itu mulai dipoles. Saat ini sejumlah alat berat sedang berproses melakukan pemerataan di badan jalan rusak tersebut. Warga pun membentang sebuah poster berisikan ungkapan syukur.

Sebuah video dilihat wartawan, Kamis (4/5/23) di Instagram memperlihatkan aksi seorang pemuda pada jalan rusak yang sedang diperbaiki  itu sedang membentang poster bertuliskan ucapan syukur karena jalan mereka akhirnya dibangun.

Baca Juga:Jalan Asahan Masih Banyak Rusak, Anggota DPRD Sumut Minta Pemotor Extra Hati-hati

“Trims ya Allah, Jalan Rusak Viral Pasar XI Air Joman Asahan Mulai Diperbaiki,” tulis selembar karton yang diangkat seorang pria dalam video tersebut.

Seorang pemuda di sana bernama Sumantrio yang dihubungi waratwan mengaku sedikit lega sebab jalan rusak parah di kampung mereka sudah mulai dikerjakan. “Akhirnya Allah bukakan hati bapak-bapak  pejabat yang di atas ini untuk memperbaiki jalan kami. Sebab sudah banyak korban yang jatuh, bahkan sampai meninggal dunia karena jalan seperti ini,” kata dia.

Dia mengatakan, sebenarnya jalan tersebut sudah pernah dikerjakan tahun 2022 lalu dan beberapa alat berat sudah turun. Namun nyatanya baru bisa dikerjakan kembali pada awal bulan Mei 2023 ini. “Kami senang jalan ini akhirnya bisa diperbaiki setelah beberapa kali viral,” kata dia.

Baca Juga:Gapura Jalan Rusak di Asahan yang Dicoret Kalimat Kotor Sudah Dihapus

Terpisah, anggota DPRD Asahan dari Fraksi Golkar Pajar Prianto mengatakan ada sepanjang 12 kilometer jalan rusak di lokasi tersebut yang akan diperbaiki secara bertahap dan selesai pada tahun ini. Jalan tersebut merupakan bagian dari target 450 kilometer perbaikan jalan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan anggaran Rp2,7 triliun dan harus selesai hingga akhir tahun 2023.

“Untuk ruas volume jalan yang dibangun ini ada sepanjang 12 kilometer yang akan diperbaiki secara bertahap di Asahan. Ini termasuk yang di kecamtaan Air Joman, Silau Laut dan Tanjungbalai,” kata dia.

Dikatakannya, termasuk jalan rusak di Pasar XI Air Joman, perbaikan jalan sepanjang 12 kilometer  tersebut menggunakan dana dari Pemprov Sumut dan menelan dana sebesar Rp68 miliar. “Jalan rusak ini memang sudah lama dikeluhkan masyarakat dan bertanya-tanya kepada kami kapan dibangun. Tapi Alhamdulillah saat ini sudah mulai dikerjakan. Kami di DPRD Asahan juga berulang kali menyampaikan hal ini ke Pemprov Sumut dan sekarang sudah terealisasi,” ucapnya.(perdana/hm15)

Related Articles

Latest Articles