11.1 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Jaga Stabilitas Inflasi, Pemkab Deli Serdang Lakukan Strategi 4K

Deli Serdang, MISTAR.ID

Berdasarkan roadmap Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Deli Serdang No.182 Tahun 2022. Pemkab Deli Serdang telah melakukan beberapa upaya dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis melalui 4K.

4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

Sampai bulan Juni 2023, tercatat inflasi Sumatera Utara berada pada 2,55 persen year on year (yoy). Kabupaten Deli Serdang yang saat ini masih mengacu pada Kota Medan yang merupakan kota Indeks Harga Konsumen (IHK) tercatat mengalami inflasi sebesar 2,47 persen yoy.

Baca juga: BPS Catat Inflasi Tahunan Juni 2023 3,5 Persen

“Inflasi dipicu oleh momen Idul Adha 1444 Hijriah dan dinamika harga komoditas pangan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor MAP.

Hal tersebut disampaikan Sekda Deli Serdang ketika membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Deli Serdang. Di Thong’s Inn Hotel Kualanamu, Jalan Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Jumat (7/7/23).

Timur Tumanggor juga menambahkan, dua komoditas yang sangat dominan penyumbang inflasi Juni 2023, yakni daging ayam ras dan cabai merah dengan pengaruh 0,14 persen.

Baca juga: Dipengaruhi Minuman dan Tembakau, Juni 2023 Inflasi di Sumut 0,31%

“Sehubungan dengan hal itu, sudah menjadi tugas kita untuk turut berupaya dalam memantau, mengawasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok yang dapat memicu inflasi. Terutama di Kabupaten Deli Serdang,” tegas Sekda Timur Tumanggor.

Timur Tumanggor berharap, seluruh perangkat daerah agar bekerja keras dengan melakukan berbagai terobosan untuk pencapaian pemulihan ekonomi. Ia juga mengajak melalui kebijakan dan inovasi program dapat kendalikan Inflasi Daerah Kabupaten Deli Serdang.

“Organisasi perangkat daerah agar terus bekerjasama dan bersinergi demi peningkatan pertumbuhan ekonomi di Deli Serdang. Yang akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai visi yang kita cita-citakan,” tandas Timur Tumanggor.

Baca juga: Pemko Medan Tekan Angka Inflasi di Bawah 5 Persen

Sebelumnya, Era Permatasari, Kabag Perekonomian dan SDM yang juga Sekretaris TPID Kabupaten Deli Serdang. Melaporkan HLM TPID Deli Serdang bertujuan untuk membahas realisasi roadmap TPID Semester I Tahun 2023. Dalam menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok di Kabupaten Deli Serdang. (Rinaldi/hm21).

Related Articles

Latest Articles