21.7 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Inalum dan PJT-1 Bangun KPM Kapasitas 500 Ribu Bibit di Pintu Pohan Meranti

Toba, MISTAR.ID

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan Perum Jasa Tirta I (PJT-1) memulai proyek pembangunan Kawasan Pembibitan Modern (KPM) berkapasitas 500 ribu bibit per tahun di Komplek Perumahan PT Inalum Paritohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba.

Kepada sejumlah wartawan, pihak Inalum menyampaikan jika mereka dan PJT-1 telah memulai melakukan pembangunan KPM yang mendapat dukungan dari semua pihak dan melibatkan berbagai pihak, yang dilaksanakan pada 18 Juli 2024.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim PJT-1 yang telah mendukung dan bekerja sama dalam realisasi proyek ini,” ujar Kepala Grup Operasi PLTA Inalum, Dwi Yantho Soetimin, Selasa (23/7/24).

Dwi juga menjelaskan pentingnya proyek ini dalam upaya konservasi lingkungan di sekitar DTA Danau Toba dan Sungai Asahan. “Proyek ini adalah bagian dari roadmap konservasi kami yang menargetkan penanaman 1.000 hektar pohon setiap tahun. Kami berharap proyek ini dapat berkontribusi signifikan dalam upaya penghijauan di wilayah DTA Danau Toba dan Sungai Asahan,” ucapnya.

Baca Juga : Inalum Dorong Penggunaan PLTS Dalam Pengembangan Perikanan Darat

Vice President Regional II, Muhammad Luckmanul Chakim menekankan kolaborasi antara BUMN sebagai kunci kesuksesan proyek ini. “Proyek ini merupakan wujud nyata kolaborasi antara Inalum dan PJT-1 dalam upaya konservasi sumber daya air di wilayah Sungai Toba Asahan dan Danau Toba. Kami berharap proyek ini tidak hanya berhasil dalam pembangunannya, tetapi juga dalam operasional dan distribusi bibit yang dihasilkan,” kata Luckmanul Chakim.

Luckmanul mengatakan, bagian pentingnya sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan proyek ini. “Kami mohon dukungan dari rekan-rekan kontraktor dan konsultan, karena proyek ini adalah bentuk monumen kerjasama kita. Insya Allah proyek ini akan selesai sesuai target pada bulan Desember 2024,” tandasnya.

Kawasan Pembibitan Modern ini diharapkan dapat berkontribusi dalam upaya konservasi lingkungan di wilayah DTA Danau Toba dan sekitarnya, serta menjadi simbol kolaborasi yang kuat antara BUMN dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Groundbreaking dilakukan bersama-sama oleh Dwi Yanto Soetimin selaku Kepala Grup PLTA PT Inalum, Milfan Rantawi selaku Direktur Operasi Perum Jasa Tirta I didampingi Muhammad Luckmanul Chakim selaku Vice President Regional II PJT I dan Sunarno A Rakino, selaku Vice President Environmental Sustainability PT Inalum. (nimrot/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles