7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Hutan Pinus Dideres Anggota Koptan, Kades Gunpar Surati Dinas Kehutanan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Nurtiami Beru Tarigan, kepala Desa Gunung Paribuan (Gunpar), Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang, berencana untuk menyurati Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

Kepala desa itu melakukannya setelah dia melihat hutan pinus di desanya dideres oleh kelompok tani yang dikenal sebagai koptan dari Desa Simempar.

Selanjutnya Nurtiami mengatakan dia telah menyurati Kades Simempar, tempat Koptan Perjuma Deleng berada, sebelum menyurati Dinas Kehutanan.

Simar Sembiring, Kades Simempar, terkesan mengabaikan surat Nurtiami.

Baca juga : Kades Gunpar Berang, Hutan Pinus Dideres Anggota Koptan

“Saya sudah surati Kades Simempar terkait penderesan hutan pinus di desa kami. Sebab koptan yang menderes getah di hutan kami berasal dari Desa Simempar,”jelas Nurtiami via seluler, Minggu (9/7/23).

Nurtiami mengatakan bahwa Kades Simempar terkesan mengabaikan suratnya, jadi dia akan menyurati Dinas Kehutanan.

Sebelum ini, Nurtiami juga telah melaporkan peristiwa penderesan getah pinus di hutan desanya ke Polsek Gunung Meriah Jajaran Polresta Deli Serdang, dengan bukti foto dan dokumentasi saat penyadapan.

Beberapa warga Desa Simempar, tetangga Desa Gunpar, menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap keterlibatan perangkat desa mereka sebagai pengurus Koptan Perjuma Deleng.

Meskipun UT, pemborongnya, berasal dari Nagori Paribuan Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun, dan tujuh karyawannya didatangkan dari Pulau Jawa.

Koptan Perjuma Deleng bertanggung jawab atas sekretaris Desa Simempar, Tarsim Tarigan.

Sementara Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Simempar Perpadannan Perangin-angin duduk sebagai bendahara koptan beranggotakan Kaur Pemerintahan Josua dan Kaur Umum Runia Sinulingga. Sedangkan ketua koptan Doktor Tarigan.

Warga Desa Simempar juga menyesalkan sikap tidak peduli kepala desa mereka terkait penderesan hutan pinus yang dilakukan oleh warga luar desa mereka.

Bahkan saat penjualan getah pinus persis dilakukan di depan rumah Kaur Umum Desa Simempar, Runia Sinulingga. (sembiring/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles