12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

HUT MA ke-78 RI: Aplikasi Pemantau Kinerja Pengadilan di Seluruh Indonesia Diluncurkan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadhani bersama Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya  Tampubolon menghadiri rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke- 78 Mahkamah Agung (MA) RI tahun 2023 yang digelar oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Tebing Tinggi, Sabtu (19/8/23).

Pada kesempatan itu Ketua PN Kota Tebing Tinggi, Cut Carnelia menyampaikan amanat tertulis dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Syarifudin.

“Peringatan hari ulang tahun ini bukan hanya sekedar prosesi seremonial yang setiap tahun kita laksanakan namun lebih dari itu peringatan ulang tahun ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi kembali apa saja yang telah kita lakukan serta apa rencana kedepan untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada,” ujar Carnelia.

Peringatan hari HUT ke-78 MA ini, lanjut Carnelia, mengusung tema “Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan yang Agung”. Tema tersebut mengandung pesan mendalam agar semua berintegritas sebagai tolak ukur yang utama dalam mewujudkan badan peradilan yang agung.

Baca juga:Mahkamah Agung Tak Perbolehkan Pencatatan Perkawinan Beda Agama

Dijelaskan, perjalanan menuju visi terwujudnya badan peradilan yang agung bukanlah perjalanan yang mulus tanpa rintangan melainkan seperti mendaki sebuah tebing yang terjal sehingga perlu upaya dan perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke puncak yang mau dituju.

“Oleh karena itu saya meminta kepada seluruh warga Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahannya untuk menjadikan hari jadi yang ke-78 Mahkamah Agung RI ini sebagai titik balik kebangkitan lembaga peradilan dengan melakukan gerakan perubahan menggunakan pola 3 M, yaitu Mulai dari diri kita sendiri, Mulai dari hal yang terkecil, dan Mulai dari sekarang”, ucap Carnelia membacakan amanat Ketua MA RI.

Dalam amanat tersebut Carnelia memaparkan, MA telah meluncurkan 5 Aplikasi baru yaitu, Smart Majelis Aplikasi Robotika  berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis dan Courd live streaming aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan pembacaan Amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung.

Baca juga: Teken MoU, Mahkamah Agung Pakai Jasa Kantor Pos Kirim Dokumen Hukum ke Seluruh Indonesia

Selain itu, Satu Jari Ditjen Badilum aplikasi pada direktorat jenderal badan peradilan umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi dan Lentara Versi 2.0. Aplikasi itu berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim dilingkungan peradilan umum, serta E- IPLANS aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama hingga di MA.

“Lima aplikasi tersebut melengkapi dari sekian banyak aplikasi yang telah kita luncurkan sebelumnya sebagai penunjang kemudahan bagi pelaksanaan tugas aparatur dalam memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel,” urai Carnelia.

Terakhir, Carnelia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para hakim dan aparatur peradilan di seluruh pelosok nusantara yang telah bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati untuk menegakkan keadilan dalam suatu kondisi apapun.

Baca juga:Penangkapan Ilegal, Mahkamah Agung Paskitan Bebaskan Mantan PM Imran Khan

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan acara seremonial dalam rangka HUT ke-78 MA RI tahun 2023 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi, H. Kamlan Mursyid,Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi Ridwan Harahap.

Selain itu, Danramil 13 Tebing Tinggi, Kapten Inf. Yudi Chandra dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi, Dr. Hj. Devi Oktari, S.HI.,MH serta Mewakili Kalapas Kelas II B Kota Tebing Tinggi, Kasi Binadik dan Giatja, Ronny Steven Hutapea.(nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles