16.6 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Hingga Juli 2021, 79 Ibu Hamil Terpapar Covid-19 di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara meyebutkan, proses vaksinasi merupakan langkah pemerintah melindungi para ibu hamil (Bumil) dari infeksi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan berdasarkan laporan dari dinas kesehatan kabupaten/kota hingga Juni 2021, terdapat 67.345 orang bumil yang sudah memperoleh pelayanan kehamilan, 65.431 ibu melakukan persalinan dan 39.375 bayi baru lahir yang sudah mendapatkan pelayanan sesuai standar.

Namun, sambung dia, satu hal yang sampai saat ini masih menjadi masalah adalah masih tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Baca Juga:Ibu Hamil Diimbau Tak Ragu Lakukan Vaksin

“Adapun penyebab terbanyak kematian ibu menurut Sample Registration System (SRS) 2016, hipertensi dalam kehamilan (33,7 persen), pendarahan obstetri (27,03 persen), komplikasi non obstetrik (15,7 persen), komplikasi obstetrik lainnya (12,04 persen),” jelasnya.

Sementara itu, data jumlah kematian ibu di Sumut sampai dengan Juli 2021 ada 119 kasus dan 27 kasus di antaranya disebabkan karena Covid-19. Sedangkan ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 ada 79 orang yang tersebar di 17 kabupaten/kota se Sumut.

“Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Sumut lebih khusus lagi yaitu dengan sasaran para ibu hamil,” ujarnya.

Baca Juga:Pemprovsu Gelar Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Aris menuturkan, ibu hamil merupakan kelompok rentan dan beresiko tinggi apabila terinfeksi Covid-19. Maka dari itu, sebut dia, perlu dilakukan upaya pencegahan melalui vaksinasi dengan sasaran ibu hamil yang usia kehamilan antara 13 sampai 33 minggu.

“Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya tetapi para ibu hamil harus terus menerapkan protokol kesehatan yaitu 5M meskipun telah divaksinasi. Selain itu, tetap memeriksakan kehamilan minimal enam kali, mempelajari buku KIA, mengikuti kelas ibu hamil serta hal-hal lain yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan,” tandasnya.

Dia menambahkan, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para ibu hamil di Kota Medan. (saut/hm14)

Related Articles

Latest Articles