6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Hari Kedua Idulfitri, Warga di Asahan Masih Ramai Berziarah

Asahan, MISTAR.ID
Hari kedua Idulfitri 1444 H/2023 M, warga di Kabupoaten Asahan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meramaikan pemakaman untuk berziarah kubur bersama keluarganya, Minggu (23/4/23).

Amatan wartawan, di Taman Pemakaman Umum (TPU) Al Firdaus di Jalan Ahmad Yani Kisaran Timur pada pagi pukul 10:00 WIB, tampak ratusan warga masih melakukan ziarah untuk merapalkan doa di pusara nisan keluarganya yang lebih dulu menghadap Sang Pencipta.

Arus lalu lintas di sekitar TPU juga ramai sebab kendaraan peziaran berupa roda dua hingga roda empat parkir di luar pintu masuk pemakaman.

Baca Juga:Wapres Ma’ruf Imbau Kedepankan Kesederhanaan Saat Idulfitri

Salah seorang peziarah bernama Kana Hasibuan (35) mengatakan, sudah menjadi kebiasaan rutin bagi dirinya bersama keluarga mendatangi makam keluarganya yang sudah meninggal pada saat hari pertama Idulfitri.

“Kebiasannya kalau Idulfitri inikan adik-adik, abang yang dari perantauan kumpul semua berlebaran. Jadi inilah kami kesempatan kami datang ke kekuburan untuk ziarah,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya memang beberapa hari sebelum puasa Ramadhan lalu telah berziarah ke makam keluarganya, namun momen tersebut diulangi kembali ketika Lebaran karena datang bersama anggota keluarga yang lain.

Baca Juga:Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sholat Idulfitri Bersama Ribuan Warga

Momen berziarah warga saat Idulfitri ini ternyata juga memberikan rezeki kepada para pedagang bunga kembang dan air mawar di sekitar pekuburan yang memanfaatkan momentum tersebut.

Miswanto, seorang pedagang bunga kembang yang hampir setiap tahun berjualan pada saat momen Ramadhan dan Idulfitri mengatakan, biasanya warga ramai berziarah pada saat hari kedua Idulfitri saja.

“Mulai dari selesai Sholat Id biasanya sudah banyak yang datang ziarah, sampai sore. Ini pun biasanya ramai sampai Lebaran kedua,” ujarnya.(perdana/hm10)

Related Articles

Latest Articles