11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Genjot Perizinan UMKM, DPM-PTSP Batu Bara Jemput Bola

Batu Bara, MISTAR.ID

Setiap usaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah diwajibkan memiliki izin berusaha sebagai legalitas administratif UMKM. Selain itu, izin usaha akan memberi keuntungan dalam aspek pendanaan.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Batu Bara Renol Asmara saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (15/11/22).

Karena pentingnya izin usaha, sebut Renol, dinas yang dipimpinnya menargetkan penerbitan 3.000 izin usaha UMKM. Pelaku usaha UMKM selanjutnya diberikan nomor induk berusaha (NIB).

Baca Juga:Pemkab Batu Bara Layangkan Surat Pesanan Mobil Sewa Sebelum Perbup Terbit

“Selain keuntungan di atas, NIB juga memberikan kemudahan dalam akses bergabung dalam komunitas-komunitas resmi yang terkait dengan usaha UMKM yang dimiliki,” jelasnya.

Diungkapkan Renol, guna memenuhi target 3.000 NIB baru, pihaknya melakukan jemput bola dengan meluncurkan mobil pelayanan perizinan keliling yang terjun langsung ke desa/kelurahan di Kabupaten Batu Bara.

“Ini kita lakukan mulai Senin hingga Kamis,” ujarnya.

Baca Juga:Pemkab Batu Bara Gandeng PT Inalum Pasang Lampu Jalan

Menjawab realisasi pencapaian target NIB baru, Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Fajrin Syarif menjelaskan sudah tercapai 2.800 NIB.

“Perizinan usaha mikro yang tidak memerlukan izin lain dari target tahun 2022 sebanyak 3.000 NIB hingga hari ini 2.800 pelaku UMKM telah mengantonginya,” jelas Fajrin.

Baca Juga:Pemkab Batu Bara Gelar Musyawarah Rencana Penataan Objek Wisata Pantai Jono

Untuk pengurusan NIB maupun bentuk izin lainnya, sebut Fajrin, tidak dikutip biaya alias gratis. Sedangkan waktu penerbitan NIB sepanjang jaringan online hanya butuh waktu sekitar 15 menit.

“NIB gratis dan dapat terbit 15 menit setelah pelaku UMKM didaftarkan melalui mobil pelayanan keliling. Namun itu berlaku bila jaringan sedang online,” tutup Fajrin sembari menyatakan optimis akhir tahun ini target 3.000 NIB akan tercapai. (ebson/hm14)

Related Articles

Latest Articles