11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Gebyar 1 Muharram 1445 Hijriah di Batang Kuis, ini Pesan Bupati Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Masyarakat Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang memiliki kekompakan dan Paguyuban yang sangat erat.

Hal tersebut tergambar dari tingginya antusiasme masyarakat ketika menghadiri Gebyar 1 Muharram 1445 Hijriah/Suroan di Lapangan Volly, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis, Jumat (11/8/23).

“Kegiatan ini merupakan perwujudan kekompakan dan Paguyuban masyarakat. Ini sudah mengakar kuat di masyarakat Batang Kuis. Mari terus membangun Kecamatan Batang Kuis sebagai bagian dari Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang rukun dan religius dalam kebhinekaan,” kata Bupati Ashari Tambunan.

Baca juga : Bupati Deli Serdang Berusaha Penuhi Kebutuhan Anak

Menurut Ashari, peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah atau suroan merupakan tradisi masyarakat Jawa sejak dulu yang bertujuan untuk mengkaji ulang dan introspeksi diri.

“Tradisi ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan. Diberikan keselamatan dan dihindarkan dari bencana serta musibah,” papar Ashari.

Dikatakan Ashari, penyelenggaraan peringatan Tahun Baru Islam tidak terlepas dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya dari Mekkah ke Madinah.

Related Articles

Latest Articles