18.2 C
New York
Saturday, May 25, 2024

Kadinkes Deli Serdang Bagikan KIS Gratis di Posyandu ILP Batang Kuis

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) gratis dari pemerintah untuk warga yang kurang mampu di Kecamatan Batang Kuis, Senin (6/4/24).

Pembagian KIS tersebut dilakukan dr. Asri Ludin Tambunan pada kunjungan ke posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di Posyandu Anggrek-5 Desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis. Tercatat ada 150 masyarakat Desa Tanjung Sari yang mendapatkan KIS gratis.

“Hari ini ada 150 orang penerima KIS yang secara simbolis diserahkan kepada 20 orang oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan” kata Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Batang Kuis dr. Lenny Estiani.

Baca juga: Kadinkes Deli Serdang Surati 34 Puskesmas dan 2 RSUD Kembalikan Obat Kadaluarsa

Dijelaskan dr. Lenny, pemberian KIS gratis tersebut merupakan dorongan dari Kadinkes daerah itu yang meminta Puskesmas hingga kader posyandu untuk mencari masyarakat kurang mampu guna bisa mendapatkan akses kesehatan secara gratis.

“Ini hasil dari kerja kita juga kader posyandu dan perangkat desa atas perintah kadis guna mencari masyarakat yang kurang mampu yang belum memiliki akses layanan kesehatan atau kartu BPJS Kesehatan,” papar dr. Lenny.

dr. Asri Ludin Tambunan yang akrab dipanggil dr Aci Tambunan menyampaikan, KIS gratis dari pemerintah tersebut diharap dapat membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Tujuan kita agar masyarakat berobat tidak bingung lagi. Memang ada program puskesmas gratis, tapikan kapasitas puskesmas terbatas dalam penanganannya hanya sampai 144 penyakit dasar. Lebih dari itu butuh rujukan. Nah, itulah yang kita harapkan nanti masyarakat punya alternatif baru, mereka bisa terukur berobatnya, supaya tidak ada lagi yang terlambat berobat,” ungkap dr. Aci.

Baca juga: Penjaringan Ditutup, Kadinkes dan Mantan Bupati Deli Serdang Daftar ke Golkar

Karena itu, ia mempercayakan kepada Kepala Puskesmas untuk mencari masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Sistemnya saya percayakan ke Kapus, mereka berkoordinasi kepada kader Posyandu, kepala dusun hingga kepala desa bila diperlukan. Karena ada keterbatasan anggaran, maka mereka yang ajukan warga yang mana yang perlu dibantu terlebih dahulu,” jelas dr Aci seraya mengimbau kapus lainnya untuk bisa lebih aktif.

Kegiatan tersebut juga dilakukan cek kesehatan untuk lansia, anak-anak, ibu hamil dan ada juga pemeriksaan IVA test dibarengi edukasi untuk masyarakat.

Usai mengunjungi Posyandu ILP di Tanjung Sari, dr Aci melanjutkan kunjungannya ke Posyandu ILP di Kantor Kepala Desa Dagang Kelambir, Kecamatan Tanjung Morawa. Kehadirannya disambut oleh Kepala Desa Dagang Kelambir Supriadi dan Kepala Puskesmas Dalu X drg. Sri Astuti Hariyani.

“Perangkat desanya luar biasa, antusias warga yang datang sangat besar.Kita mempersiapkan alat dan semua toolnya,tapi yang tahu siapa yang sehat dan butuh, pasti aparat desanya. Saya harap desa yang lain juga bisa melakukan hal sama,” tandas dr Aci Tambunan.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles