22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Fokus Lensa : Danau Toba Masih Menyimpan Pesona

Tongging, Mistar.id

Danau Toba masih menyimpan pesona, kendati jamak dikeluhkan oleh para pelancong, terutama akan kebersihannya.

Keramba jaring apung dan tanaman air eceng gondok masih acap ditemukan pada berbagai lokasi, seperti di kawasan utara danau vulkanik terbesar di dunia yaitu di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Perkembangan tumbuhan eceng gondok menimbulkan masalah bagi kebersihan dan kenyamanan karena gulma menyebar dengan cepat ke tepi pantai dan dapat mencemari danau terbesar dan terdalam di Asia Tenggara.

Seperti yang dilaporkan Mistar.id pada selasa (29/10/23), tumbuhan air eceng gondok masih ada di kawasan Geopark Caldera Danau toba dari UNESCO ini.(Bobby)

Tanaman Eceng Gondok
Tanaman Eceng Gondok banyak ditemukan Eceng gondok tumbuh di kolam-kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat penampungan air (f: Bobby/Mistar.id)
Bemain di tepi Danau
Seorang anak dari Medan sedang bemain di tepi Danau Toba, pada latar belakangnya tampak sekumpulan tumbuhan liar eceng gondok. (f: Bobby/ Mistar.id)
Eceng Gondok dan Keramba
Pihak otorita Danau Toba berupaya mengendalikan sebaran eceng gondok dan melokalisasikan keramba jaring apung milik warga lokal (f: Bobby/Mistar.id)

 

Related Articles

Latest Articles