21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Event AWC 2023, Tarif Hotel dan Homestay di Toba Boleh Naik Hingga 100 Persen

Toba. MISTAR.ID

Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mengatakan sudah melakukan persiapan maksimal dalam sebagai salah satu tuan rumah untuk event Aquabike World Championship (AWC) 2023.

Kadis Pariwisata Rusti Hutapea mengatakan, saat ini pihaknya menunggu pertandingan pada tanggal 25-26 Nopember 2023.

“Para riders akan sampai sore ini (24 November) di Toba. Para ride akan menginap di Hotel Labersa, Toba Bigs dan Sere Nauli,” katanya.

Pantauan Mistar di lapangan, tarif hotel, penginapan maupun homestay melonjak drastis jelang event internasional ini.

Baca Juga: Whoossh 50 Lap! Racer Hungaria Juarai Lomba Endurance Samosir Cup

Terkait hal itu, Rusti mengaku, pihaknya sudah mengundang para pengusaha hotel dan homestay serta telah mengeluarkan surat edaran.

Pengusaha hotel dan homestay masih diizinkan untuk menaikkan tarif tidak lebih dari 100% dan itu sudah maksimal.

“Misalkan sekarang harga hotel 200 ribu menjadi 400 ribu dan homestay juga sudah kita sarankan dari harga sebelumnya naik 100% itu sudah maksimal jika mereka berani ya,” katanya.

“Untuk tarif rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay, dengan kondisi tiga kamar dan fasilitas lengkap ada ruang tamu, dapur dan perlengkapan memasak di mana penghuninya bisa sampai 20 orang, kita garansi harga Rp1,5 juta per malamnya,” imbuh dia.

Jika ada yang menaikkan tarif lebih dari pada itu, Rusti berjanji, pihaknya akan memberikan sanksi. “Karena kita juga sudah ada buat surat edaran,” paparnya.

Sebagai persiapan side event Aquabike, Dinas Pariwisata sejak tanggal 18 November lalu sudah mempersiapkan sejumlah gelaran.

“Seperti Toba Kreatif Festival. Ada musik akustik, ada festival seni budaya dari dewan kesenian daerah. Dan pada tanggal 25 November ada Toba Music Konser di venue yang mana dihadiri artis baik dari tingkat Kabupaten, provinsi dan Internasional,” lanjutnya.

Untuk kegiatan final pada tanggal 26 November, Dinas Pariwisata juga sudah mempertiapkan artis nasional yaitu Mario the Clow, Alex Hutajulu dan Novita Dewi.

“Dan banyak lagi side-side event seperti tari-tarian akan kita tampilkan, seperti tarian tujuh puak yang mana pesertanya ada 150 orang dan sebagai informasi juga bahwa event Aquabike Jetski Word Championship ini dipastkan akan dihadiri dua menteri yaitu, Mendikbud, Nadiem Makarim dan Menparekraf, Sandiaga Uno,” paparnya.

Baca Juga: Perlombaan Solu Bolon Meriahkan Aquabike Jetski World Championship di Samosir

Untuk event ini, Rusti menegaskan, tidak akan dipungut biaya karcis bagi pengunjung yang akan datang.

Pertandingan akan dimulai pada pukul 10.00 Wib. Pada event ini ada peserta dari 28 negara dan 1 dari Indonesia dengan total 128 riders.

“Pada F1H20 kemaren kita kutip karcis. Untuk event kali ini tidak dipungut biaya. Masyarakat bebas masuk ataupun menonton di manapun mereka bisa nyaman menonton. Kalau ke venue mungkin di sana ada pembatasan karena kita punya target 30 ribuan pengunjung jadi tidak mungkin kan seluruhnya di sana,” pungkasnya. (Hotman/hm22)

Related Articles

Latest Articles