16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

DPT Deli Serdang Sebanyak 1.144.034, Pemkab Anggarkan Rp7 Miliar

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sebanyak 1.144.034 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) akan mengikuti pemilahan kepala desa (Pilkades) pada 18 April 2022.

Dari 304 desa tahap pertama yang menggelar pilkades, berlangsung di 2.114 dusun.

“Ada 2.114 dusun dengan jumlah 2.350 TPS yang sudah terdata dan tercatat untuk  melaksanakan Pilkades,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Deli Serdang, Khairul Azman didampingi Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Teuku Muhammad Yahya, Selasa (12/4/22) di ruang kerjanya.

Baca juga:Wah! Ada Hotel di Siantar Tak Tampilkan Nilai Pajak dalam Nota Pembayaran

Informasi yang dihimpun untuk pelaksanaan Pilkades di Deli Serdang, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menganggarkan dana sebesar  Rp 7 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022.

Khairul Azman mengatakan, terkait teknis pelaksanaan, pihaknya tidak ikut dalam belanja barang pelaksanaan Pilkades. Sebab semua kebutuhan langsung dibelanjakan oleh pihak desa melalui Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD). Semenatara Dinas PMD hanya mendistribusikan uangnya ke rekening desa sesuai rencana kebutuhan masing masing desa.

Dijelaskan Khairul, beberapa belanja barang seperti kotak suara, tinta dan surat suara itu langsung dibelanjakan oleh desa dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Deli Serdang, hingga honor panitia. Namun, untuk kebutuhan Prokes, seperti pengadaan hand sanitazer, tenda dan kursi itu bersumber dari Dana Desa atau APBDes.

“Untuk satu kotak suara, Pemkab Deli Serdang mengganggarkan Rp200 ribu per satu kotak suara. Kemudian Rp50 ribu untuk satu botol tinta dan 1.000 rupiah untuk satu surat suara yang sudah dilipat. Semuanya itu dibelanjakan oleh pihak desa dan,”tambah Teuku Yahya.

Dinas PMD Kabupaten Deli Serdang berharap pelaksanaan Pilkades di 304  Desa tahap pertama Deli Serdang bisa berjalan dengan baik dan hasilnya terpilihlah para pemimpin yang bisa membangun desanya. (rinaldi, hm06)

 

Related Articles

Latest Articles