16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dinkes Sumut Targetkan Masyarakat Dapat Pelayanan Kesehatan

Medan, MISTAR.ID

Di Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menargetkan agar masyarakat di Sumut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) drg Ismail Lubis menyebutkan momentum HKN tahun ini kiranya masyarakat semakin mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata. “Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) persentase masyarakat Sumut yang telah tercover BPJS Kesehatan sudah hampir mencapai 70 persen melalui dana pembiayaan provinsi maupun kabupaten/kota,” ungkapnya kepada wartawan di sela puncak peringatan HKN ke-57 di Hotel Rodison Jalan Adam Malik Medan, Jumat (12/11/21).

Selain itu, Ismail menjelaskan, peringatan HKN ini sengaja dilakukan untuk menggerakkan masyarakat supaya dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Di samping itu, peringatan ini juga untuk terus memotivasi masyarakat bervaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 5M.

Baca Juga:Capai Herd Immunity, Dinkes Sumut Ajak Masyarakat Segera Vaksin Covid-19

“Kalau dalam rangka penanganan Covid-19 saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen kesehatan, elemen masyarakat yang sudah berperan aktif dalam menghadapi memutus mata rantai Covid-19,” jelasnya.

Ismail menyebutkan, hasilnya, sejauh ini kondisi Covid-19 di Sumut telah jauh mengalami penurunan yang diiringi dengan meningkatnya angka kesembuhan. BOR (Bed Occupancy Rate) rumah sakit, juga telah menurun dan capaian vaksinasi di Sumut hingga November sudah mencapai 52 persen untuk dosis pertama dan 33 persen untuk dosis kedua.

“Untuk melakukan gerakan pengabdian ini maka kita tergetkan kita bisa mencapai sesuai target nasional,” harapnya.

Sedangkan terkait ketersediaan stok vaksin, Ismail membeberkan bahwa dirinya beberapa waktu yang lalu sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gubernur Sumut. Saat ini, vaksin Covid-19 sedang dalam perjalanan untuk terus mengejar capaian target yang ada.

Baca Juga:Dinkes Sumut Sosialisasi Vaksin Covid-19 Untuk Anak 6-11 Tahun

“Untuk masing-masing kabupaten-kota kita membutuhkan 3.192.000 dosis. Stok saat ini ada sekitar 400.000 yang juga akan segera diambil oleh kabupaten-kota,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HKN ke-57 tahun, dr Nelly Fitriani didampingi penanggungjawab kegiatan Hery Valona Ambarita menyampaikan, rangkaian kegiatan HKN ini sudah dimulai sejak 5 November 2021 lalu.

“Di Kabupaten Humbang Hasundutan ada kegiatan Germas. Kemudian kemarin di Astaka Pancing. Rangkaian HKN dilakukan dengan vaksinasi sebanyak 1.000 orang dan PCR bekerja sama dengan mitra kesehatan seperti organisasi profesi,” terangnya. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles