17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Diduga Mubazir, Proyek Dinas Pariwisata Puluhan Miliar Di Salib Kasih Taput Siatas Barita

 

Taput, MISTAR.ID

Proyek dinas pariwisata di kawasan Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, dibangun dengan dana khusus dari APBD Taput 2023. Proyek tersebut termasuk pembangunan taman wisata olahraga dengan anggaran Rp2.797.957.204,28, yang dikerjakan oleh CV. 3G Stak.

Pembangunan fasilitas rekreasi di Salib Kasih untuk mendukung kegiatan wisata, dengan pagu anggaran Rp3.900.609.902,61, dikerjakan oleh CV Endurance.

Selain itu, pembangunan gedung pusat kreasi destinasi pariwisata dan pengadaan perlengkapannya, dengan pagu anggaran Rp5.530.379.036.28, diduga mubazir dan dilakukan secara asli.

Ketua DPP LSM Indonesia Corruption Fighting (ICF) Kabupaten Tapanuli Utara menyampaikan ini. SM Habeahan Senin 10 Juli 23 kepada Mistar.

Dia menjelaskan bahwa proyek peningkatan pariwisata dan pembangunan di kawasan Salib Kasih kecamatan Siatas Barita Tapanuli Utara, yang didanai oleh DAK APBD Taput tahun 2023, diduga telah dibuang dan tidak tepat sasaran.

Dia juga menyatakan bahwa kualitas proyek tidak sesuai dengan RAB yang direncanakan.

Baca juga : Lebaran, Tempat Wisata di Taput Ramai Dikunjungi Wisatawan

SM Habeahan berharap agar penegak hukum melihat bagaimana proyek tersebut dijalankan karena tampaknya dipaksakan hanya untuk menghasilkan keuntungan dari fee proyek.

Sementara itu, Henri Situmorang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas pariwisata, mengatakan kepada Mistar bahwa proyek untuk meningkatkan pariwisata di Salib Kasih sedang dalam proses di lokasi seluas kurang lebih 2,5 hektar, dengan lima perusahaan yang mengerjakan proyek.

Saat ditanya, apakah benar pelaksanaan pekerjaan itu tidak dilakukan seperti yang direncanakan? Situmorang menyatakan bahwa dia menyatakan bahwa nanti kita akan memeriksa kebenarannya. (Fernando/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles