13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang, Fokus Peningkatan SDM

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten tahun 2025, di Wing Hotel, Kecamatan Batang Kuis, Kamis (29/2/24).

Pembukaan ditandai dengan hand screening di layar, dengan mengusung tema “Integrasi pembangunan sosial dan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Yusuf mengatakan, setiap tahapan telah dilakukan pembahasan dan penajaman terhadap program, kegiatan dan sub kegiatan tahun 2025, guna memastikan dokumen perencanaan yang disusun benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Deli Serdang.

Yusuf Siregar juga menyampaikan beberapa capaian indikator makro Deli Serdang di tahun 2023, antara lain, persentase kemiskinan mengalami penurunan menjadi sebesar 3,44 persen, atau lebih baik dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 8,15 persen dan nasional sebesar 9,36 persen.

Baca juga: Musrenbang, Sekda Ajak Jajarannya Mewujudkan Labusel Sejahtera

Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan menjadi sebesar 77,16 poin. Capaian IPM tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata IPM Provinsi Sumatera Utara sebesar 73,37 poin dan rata-rata IPM Nasional sebesar 74,39 poin.

Sedangkan tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan atau mengalami perbaikan menjadi sebesar 8,62 persen dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar 8,79 persen, namun masih lebih tinggi dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 5,89 persen dan nasional sebesar 5,32.

Namun, tambahnya, pertumbuhan ekonomi membaik tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022 menjadi sebesar 5,34 persen, dengan capaian rasio gini yang mengalami kenaikan menjadi sebesar 0,295 poin, atau lebih baik dari capaian Provinsi sebesar 0,309 poin dan nasional 0,388 poin.

“Kita patut bersyukur atas peningkatan indikator pembangunan yang telah dapat kita capai.Hal ini harusnya dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” harap Bupati.

Baca juga: Pemkab Asahan Gagas 10 Program Pada Musrenbang Sumut Tahun 2025

Bupati Yusuf Siregar menjelaskan bahwa berdasarkan capaian kerja dan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2025-2026, serta memperhatikan tema pembangunan nasional dan provinsi, maka tema RKPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2025 adalah integrasi pembangunan sosial ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

Untuk itu kepada seluruh pimpinan perangkat daerah, Yusuf meminta agar benar-benar memperhatikan dan menindaklanjutinya. Sehingga semua indikator kinerja utama Pemkab Deli Serdang dapat tuntas dicapai pada tahun 2025 yang akan datang.

Pj Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Utara, Dr. M Ismael P Sinaga, menjelaskan bahwa prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif,peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.Serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Baca juga: Bupati Toba Hadiri Tiga Musrenbang Kecamatan, Prioritas Pembangunan Pariwisata, Pertanian dan Pendidikan

“Terwujudnya Sumatera Utara Hebat diperlukan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi,kabupaten-kota, perguruan tinggi, swasta dan masyarakat,” tutur Sinaga.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang, Dr H.Nusantara Tarigan Silangit berharap, Musrenbang RKPD Tahun 2025 haruslah menampung dan mewujudkan apa yang menjadi pokok pikiran DPRD dalam program kerja perangkat daerah dan mendorong agar instansi terkait dapat meningkatkan salah satunya Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar tercapainya seluruh program yang bertujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini turut dihadiri, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, H Wagirin Arman,anggota DPRD Deli Serdang,perwakilan kepala daerah kabupaten/kota tetangga, Forkopimda,Sedakab H Timur Tumanggor dan pejabat lainnya. (rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles