29.5 C
New York
Saturday, June 22, 2024

Buruh Pabrik Samawood Nyaris Bentrok dengan Orang Suruhan di Tanjung Morawa

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ratusan buruh pabrik PT Samawood kembali menggelar demo di akses masuk ke perusahaan Jalan Sei Belumai Hilir, Desa Tanjung Morawa A, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat (24/5/24).

Bentrokan nyaris terjadi di lokasi, akibat adanya beberapa orang pria yang dituding orang suruhan perusahaan datang mengganggu buruh yang berdemo.

Beruntung warga sekitar lokasi berhasil meredam bentrokan, dengan mengusir beberapa pria tersebut dan menghalau buruh pria yang emosi untuk tidak menyerang.

Baca juga:Ratusan Buruh Pabrik Samawood Tanjung Morawa Menangis Minta Jangan di PHK

Keributan sempat mengakibatkan jalan macet panjang. Ratusan massa yang berkumpul memadati jalan hingga kini masih berlangsung.

“Tadi ada yang mancing keributan dengan kelompok buruh. Untung bisa dicegah warga, sehingga gak sampai bentrok fisik. Informasinya orang suruhan pabrik. Ramai kali sampai macet jalan,” bilang Hardi warga di lokasi.

Aksi demo buruh PT Samawood menolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sudah berlangsung sepekan ini. Buruh berunjuk rasa di depan perusahaan hingga jalan masuk lokasi pabrik.

Ratusan massa didukung warga sekitar mendesak perusahaan mempekerjakan kembali mereka dan tidak mengalihkan status karyawan menjadi outsourcing.

Baca juga:Buruh Asahan Demo Peringati Hari Buruh Internasional 2024

PT Samawood merupakan pabrik pengolahan kayu yang sudah berdiri sejak tahun 1990 an, dan pernah menjadi pabrik sukses dengan mempekerjakan ribuan karyawan.

Namun sekitar tahun 2000 an pabrik mulai mengalami penurunan produksi, salah satunya kesulitan bahan baku kayu. Pengurangan karyawan berkelanjutan seiring menurunnya produksi.

PT Samawood salah satu pabrik pengolahan kayu yang bertahan hingga kini dari ratusan pabrik kayu di Kecamatan Tanjung Morawa yang tutup akibat kesulitan bahan baku kayu. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles