26.9 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Dipastikan Wapres Malawi Meninggal dan Pesawat Hancur Total

Mzuzu, MISTAR.ID

Diyakini Wakil Presiden (Wapres) Malawi, Saulos Chilima (51) meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat, pada Selasa (11/6/24).

Presiden Malawi Lazarus Chakwera mengkonfirmasinya, usai tim pencari mendapati puing-puing pesawat yang digunakan Chilima di hutan berkabut. Kapal terbang militer yang membawa Chilima bersama 9 orang lainnya menghilang, pada Senin (10/6/24) usai tak berhasil mendarat di Kota Mzuzu, Malawi utara, sebab cuaca buruk dan diperintahkan kembali ke Ibu Kota Lilongwe.

“Tim SAR mendapati pesawat itu hancur total tanpa ada yang selamat, seluruh penumpang di dalamnya tewas kala terjadi benturan,” sebut Chakwera dalam pidatonya kepada rakyat, dilansir dari kantor berita AFP.

Baca juga:Cuaca Buruk Penyebab Pesawat Wapres Malawi Kehilangan Kontak

“Kata-kata tak bisa menggambarkan begitu memilukannya ini,” sambungnya, seraya menyebutkan jika kecelakaan itu tragedi yang mengerikan.

Eks ibu negara Malawi, Shanil Dzimbiri juga ada di pesawat tersebut. Gambar-gambar yang diterima AFP dari anggota tim penyelamat militer menampilkan personel militer berdiri di lereng berkabut dekat puing-puing dengan nomor registrasi pesawat Malawi Army Air Wing Dornier 228-202K.

Selasa (11/6/24) tim penyelamat menelusuri hutan berkabut di selatan Mzuzu, pasca pihak berwenang menemukan menara terakhir yang menerima sinyal sebelum pesawat raib.

Baca juga:Airbus Mendarat Selamat, Meski Hidung Pesawat Rusak Diterjang Badai Es

Tahun 2022 lalu ketika masa jabatan kedua, Chilima dilucuti kekuasaannya usai ditangkap dan didakwa melakukan korupsi terhadap skandal suap yang melibatkan pengusaha Inggris-Malawi.

Namun bulan lalu, Pengadilan Malawi membatalkan dakwaan dan Chilima pun meneruskan tugas resminya sebagai Wapres. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles