16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pedagang Kain Kena Tipu, Saldo Rekening Lenyap Rp40 Juta

Sidikalang, MISTAR.ID

Seorang pedagang kain di Pasar Sidikalang, Dairi, kehilangan uang sebesar Rp 40 juta dari rekeningnya. Wanita yang berusia 24 tahun tersebut mengaku telah menjadi korban penipuan lewat telepon.

Wanita yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut mengatakan telah membuat laporan dengan nomor: STTLP/B/63/II/2024/Polres Dairi /Polda Sumut.

Kronologi penipuan, dikatakannya bermula pada Kamis (15/2/24) sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu, korban sedang menonton live Facebook yang menjual sejumlah barang. Korban kemudian memesan sejumlah barang lewat kolom komentar sambil mencantumkan nomor WhatsApp miliknya.

Jumat (16/2/24) sekira pukul 08.00 WIB, ia dihubungi via telepon yang mengaku kurir JNT dan meminta korban mengirim uang dengan memasukkan kode yang telah diberikan penelepon.

Baca juga: Sejumlah Modus Penipuan Online di 2024

Masih melalui telepon, korban melakukan instruksi yang diarahkan penelepon. Kemudian saldo rekening miliknya berkurang sebesar Rp 2.288.123.

“Tapi, kata si penelepon, saya salah memasukkan kode. Kemudian, saya kembali melakukan transaksi. Setelah itu, saldo rekening saya yang ada di Bank BRI berkurang lagi sebesar Rp 36.977.231,” jelasnya.

Korban pun berharap kepada pihak kepolisian agar dapat mengungkap kasus tersebut.

Di lain kesempatan, Supervisor Pelayanan Operasional (SPO) Bank BRI Cabang Sidikalang, Ericsson Simatupang meminta seluruh nasabah  agar berhati-hati.

“Jangan memberi OTP kepada siapa pun. Hal itu selalu disampaikan kepada setiap nasabah. Apalagi pada saat pembukaan rekenin. Juga selalu diingatkan lewat SMS atau WhatsApp. (Manru/hm20)

Related Articles

Latest Articles