25.7 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Cuaca Tak Kondusif, Polisi Larang Kapal ke Pulau Kalimantung

Sibolga, MISTAR.ID

Personel gabungan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Sibolga, unit markas Ditpolairud Polda Sumut, serta Satuan Samapta Polres Tapteng melakukan patroli perairan dan pengamanan di obyek wisata Pantai Pandan dan sekitarnya, Minggu (30/6/24).

Dalam kesempatan itu, nakhoda kapal angkutan penyeberangan diberikan peringatan agar tidak mengoperasikan kapal ke Pulau Kalimantung dan sekitarnya, mengingat cuaca tidak kondusif yang dapat membahayakan keselamatan penumpang.

Petugas menyusuri perairan sekitar pantai, menjaga keamanan pengunjung yang sedang menikmati kegiatan mandi-mandi di pinggir pantai. Selama patroli berlangsung, petugas aktif berinteraksi dengan para pengunjung obyek wisata Pantai Pandan.

Mereka memberikan berbagai pesan-pesan Kamtibmas, antara lain menekankan pentingnya memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas di pantai, serta selalu mengawasi keluarga dan teman saat berenang di laut.

“Di tengah cuaca yang cenderung ekstrem, kita mengimbau pengunjung untuk tidak melakukan perjalanan menuju Pulau Kalimantung untuk sementara waktu. Imbauan ini diberikan guna menjaga keselamatan pengunjung dari potensi bahaya akibat cuaca buruk yang dapat mengganggu pelayaran,” kata salah seorang petugas Satpolairud Polres Sibolga, Aipda Marwanto.

Baca Juga : Sehari Pasca Tenggelamnya Kapal di Tapteng, Speedboat Tak Ada yang Beroperasi

Selain itu, nakhoda kapal angkutan penyeberangan juga diberikan peringatan agar tidak mengoperasikan kapal ke Pulau Kalimantung dan sekitarnya, mengingat cuaca tidak kondusif yang dapat membahayakan keselamatan penumpang.

Imbauan serupa juga disampaikan kepada nakhoda kapal untuk tidak memaksakan perjalanan dalam kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, serta mengangkut penumpang sesuai kapasitas yang telah ditentukan, demi mencegah terjadinya kecelakaan laut yang tidak diinginkan.

“Kegiatan patroli dan pengamanan ini merupakan bagian dari komitmen Kepolisian dalam memastikan obyek wisata Pantai Pandan tetap menjadi tempat rekreasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya kehadiran petugas yang aktif di lapangan, diharapkan dapat tercipta kesadaran dan kepatuhan dari seluruh pengunjung terhadap aturan keselamatan laut yang telah ditetapkan. (rumahole/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles