27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Bupati Taput Tinjau Kelompok UMKM Pandai Besi Sitampurung

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) didampingi Asisten II Osmar Silalahi , Kadis Koperasi Herli Sinaga , Kadis Perindag Gibson Siregar dan sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) tinjau Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pandai Besi Sitampurung Kecamatan Siborong-borong,  Senin (10/5/21).

Dalam kunjungan itu, Bupati Nikson Nababan sekaligus menyerahkan kelengkapan perijinan dalam kepengurusan Akte Notaris kelompok UMKM di Desa Sitampurung.

“Setelah Akte Notaris kelompok kita fasilitasi, kita coba bentuk asosiasi di tingkat lebih tinggi lagi. Kita akan adakan mesin finishing alat-alat yang dihasilkan pandai besi ini lebih bagus sehingga mampu bersaing lebih luas lagi.  Juga sarana dan prasarana lainnya,” ujar Bupati.

Baca Juga: Bupati Taput Buka Musda LADN Pemilihan Pengurus Masa Bhakti 2021-2026

Selanjutnya, kata Nikson Nababan, perlu adanya pelatihan bagi pelaku pandai besi ini untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

“Saya berani tawarkan produk Sitampurung ini kemana saja asal kualitas terjamin bagus. Untuk Akte Notarisnya, Minggu ini harus selesai,” ujar Bupati.

Dalam laporannya Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Herli Sinaga, juga Laporan Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Gibson Siregar menyampaikan, tentang pembentukan kelompok UMKM Pandai Besi sebanyak empat kelompok, yakni Kelompok Pandai Besi Rupma, Kelompok Mentari Sitampurung, Kelompok Manunggara dan Kelompok Millenial.

Baca Juga: Bupati Taput Batasi Peserta Upacara Ops Ketupat 2021, Begini Alasannya

Untuk diketahui, sampai saat ini, ada dua instansi yang menaungi kelompok UMKM ini.

Untuk keperluan Akta Notaris telah difasilitasi Dinas Koperasi dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB),  Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan Ijin Lokasi.

Dalam laporannya, Camat Siborongborong Erwan Hutagalung menyampaikan, bahwa masalah yang perlu dibenahi adalah kemampuan SDM untuk dilatih lebih baik, juga pemasaran sehingga mampu bersaing lebih luas lagi.

“Ada kurang lebih 10 kelompok Pandai Besi di Desa Sitampurung, tetapi saat ini yang sudah siap berkas ada 4 kelompok,” ujar Erwan mengakhiri.(Fernando/hm13).

Related Articles

Latest Articles