17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Bupati Pakpak Bharat Tabur Benih Ikan di Desa Pardomuan

Pakpak Bharat, MISTAR.ID
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menabur benih ikan di kolam Kelompok Pembudidayan Ikan (Pokdakan) Bara, di Desa Pardomuan Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Senin (4/4/22).

Benih ikan tersebut bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi. Franc Bernhard Tumanggor menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk memotivasi masyarakat dalam upaya pengembangan budidaya ikan.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah hasil bincang-bincang saya dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu, mengingat begitu besarnya potensi perikanan air tawar yang sangat menjanjikan, tolong supaya usaha perikanan di kelompok Bara ini terus berkembang dan berkesinambungan,” kata bupati.

Baca Juga:Bibit Ikan Nila untuk Keramba Danau Toba Dipasok dari Usaha Perikanan Rakyat Batu Bara

Sementara itu, Prayudha Dwi C perwakilan BPBAT Sungai Gelam menjelaskan, beberapa hal terkait usaha budidaya ikan air tawar.

“Kalau saya melihat wilayah Kabupaten Pakpak Bharat ini sangat potensial dalam pembudidayaan ikan air tawar, baik usaha ikan anakan, bibit ikan ataupun pembesaran ikan, dari sisi sumber daya alamnya cukup mendukung, ketersediaan pakan dan juga potensi pemasarannya cukup menjanjikan,” ungkap Prayudha.

“Harapan saya, kita mampu menguasai lima persen saja dari kebutuhan pasar di Sumatera Utara ini sudah sangat bagus, kalau kita bisa membuat lapangan kerja sendiri kenapa harus mencari pekerjaan,” ungkap Prayudha.

Baca Juga:PKS Gunung Bayu Simalungun Tabur 3.000 Bibit Ikan untuk Warga

Sebanyak 30 ribu ekor benih ikan nila dan ikan mas ditabur di kolam luas milik Kelompok Bara ini. “Mudah-mudahan dalam empat bulan ke depan kita sudah bisa memanen ikan ini,” sebut Ketua Kelompok Bara Aryanto Berutu optimis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat melalui Kepala Bidang Perikanan dan Peternakan, Jasman Sitakar mengungkapkan, pihaknya siap memberikan pendampingan penuh kepada Kelompok ini.

“Kita akan dampingi terus, kita lihat apa kendala dan masalah termasuk kondisi ikan, kondisi air kolam, ketersediaan pakan, dan sebagainya,” terang Jasman Sitakar.(sampang/hm10)

Related Articles

Latest Articles