12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG Prakirakan Perairan Nias dan Aceh Dilanda Gelombang Tinggi Mencapai 3 Meter

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan memprakirakan dua hari kedepan kawasan perairan Kepulauan Nias dan Aceh dilanda gelombang mencapai ketinggian 3 meter.

“Waspada gelombang tinggi 2- 3 meter yang diprakirakan terjadi di perairan Banda Aceh Sabang, Selat Malaka bagian Utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Nias,” sebut Prakirawan Christen Novena, Rabu (1/2/23).

Sambungnya, untuk kondisi sinoptik angin di atas perairan Sumatera Bagian Utara pada umumnya bergerak dari timur laut hingga selatan dengan kecepatan 02-25 knot.

Baca Juga:BMKG Prakirakan Cuaca Sumut Didominasi Hujan

“Pada umumnya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut – timur dengan kecepatan angin berkisar 5 -25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat – barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot,” sebut Christen.

BMKG mengingatkan yang perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperi perahu nelayan, kapal tongkang, ferry kapal ukuran besar seperti kargo. “Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada,” pungkasnya.(bany/hm15)

Related Articles

Latest Articles