10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Awali Doa, Polres Samosir Tanam 100 Pohon di Daerah Perbukitan

Samosir, MISTAR.ID

Kabag SDM Polres Samosir AKP M. S Ritonga memimpin penanaman 100 batang bibit pohon jenis Makadame di lokasi perbukitan Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Rabu (15 /11/23).

Penanaman pohon yang melibatkan Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang,  Kepala Desa Salaon Toba Parulian Sitanggang, personel Polres Samosir, personel Polsek Pangururan bersama masyarakat setempat itu dimulai dengan doa.

Penanaman dilaksanakan di daerah perbukitan sekitar sumber air Desa Salaon Toba yang mengelilingi Pea (rawa) Parohan.

Baca juga: Peduli Masa Depan, Polres Taput Tanam Pohon di Area Rumah Doa Seminarium Sipoholon

Kabag SDM Polres Samosir menyampaikan, Penanaman bibit pohon ini mendukung kegiatan nasional penanaman 10 juta pohon di 34 Polda dan seluruh Polres di Indonesia.

Dia menambahkan kegiatan penanaman bertujuan membentuk Satuan Gerak Bersama, mendorong gerakan masyarakat dalam pencegahan tanah longsor dan banjir, serta menciptakan budaya menanam pohon sebagai gaya hidup baru di tengah masyarakat.

Pohon yang ditanam di sekitar Pea Porohan akan berkontribusi menahan air hujan, mengairi Pea Porohan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Desa Salaon Toba dan sebagai langkah antisipasi terhadap tanah longsor, tambah AKP M. S Ritonga.

Baca juga: Mengabdi untuk Negeri, Polres Samosir Tanam Pohon dan Bakti Sosial 

Kepala Desa Salaon Toba, Parulian Sitanggang berterima kasih kepada Polres Samosir atas bantuan pengadaan dan penanaman bibit pohon serta partisipasi dalam pengembangan objek wisata Pea Porohan. Dia juga menegaskan komitmen pemerintah desa dan masyarakat untuk menjaga dan merawat pohon yang ditanam, memanfaatkan keberadaan sumber air yang dekat untuk penyiraman harian.

Acara penanaman pohon diakhiri dengan bersantap air minum dan snack yang disajikan oleh Bagian SDM Polres Samosir, menciptakan momen kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan. (pangihutan sinaga/hm17)

Related Articles

Latest Articles