22.5 C
New York
Monday, May 20, 2024

Ashari Tambunan Mengundurkan Diri dari Jabatan Bupati Deli Serdang

Deli Serdang/MISTAR.ID

Ashari Tambunan mengajukan surat pengunduran diri sebagai Bupati Deli Serdang kepada Sekretaris DPRD Deli Serdang dan Gubernur Sumut. Pengunduran diri tersebut dilayangkan karena bupati dua periode tersebut akan maju menjadi calon legislatif (Caleg) DPR RI.

“Benar, semalam sore sebelum magrib telah diajukan surat  pengunduran diri Pak Bupati untuk diproses lebih lanjut. Kan, Pak Bupati mau mencaleg ke DPR RI untuk pemilu 2024 nanti,’ kata Kabag Hukum dan Aset Pemkab, Muslih Siregar, Selasa (13/6/23).

Muslih mengatakan, sesuai ketentuan, pengunduran bupati akan dibaha dalam rapat paripurna DPRD, kemudian hasilnya diteruskan kepada Gubernur Sumut.

“Kami kirimkan permohonannya sampai ke provinsi. Nanti pihak provinsi yang menyampaikan ke Mendagri,” papar Muslih seraya menyebutkan bahwa ia yang mengantar langsung surat pengunduran diri tersebut.

Baca juga: Bupati Deli Serdang Lantik 390 Pejabat Eselon III, IV dan Fungsional

Terkait sorotan Bupati Ashari Tambunan masih melantik sejumlah pejabat, Muslih menyebutkan kalau bupati masih punya kewenangan, meski telah mengajukan permohonan pengunduran diri.

Sesuai dengan regulasi, kata Muslih, Bupati Deli Serdang Amri Tambunan akan kehilangan hak dan segala kewenangannya ketika ia ditetapkan dan terdaftar sebagai caleg tetap (DCT).

“Di SK pemberhentiannya itu pun akan berlaku setelah ditetapkan di DCT. Kalau sudah DCT nantinya akan ada Pelaksana Tugas (Plt). Pak Yusuf (Wakil Bupati) lah nanti Plt nya sampai bulan Desember, ” ungkap Muslih.

Baca juga: Pagi Ini Ratusan Tenaga Fungsional Kesehatan Dilantik Bupati Deli Serdang

Sekretaris DPRD Deli Serdang, Binsar Sitanggang membenarkan bahwa surat pengunduran Ashari Tambunan sebagai Bupati Deli Serdang sudah ia terima.

“Iya, semalam sore surat pengunduran diri itu sudah saya terima,” ungkap Binsar.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan disebut mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa dengan Dapil Medan, Deli Serdang Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi. (rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles