10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Asahan Ikut Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Asahan, MISTAR.ID

Gerakan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat dalam rangka menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 digelar di depan gedung Perpustakaan Asahan, Jumat (28/7/23).

Adapun kegiatan tersebut merupakan gerakan Nasional pembagian 10 juta bendera yang dilakukan diseluruh wilayah di Indonesia, dalam hal ini ada total sebanyak 5.350 bendera yang dibagikan di Asahan.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakankesbangpol) Asahan, Nizar Simatupang menjelaskan gerakan Nasional pembagian bendera merah putih di Asahan ini dibagi dalam lima tahap.

“Dimulai dari hari ini tanggal 28 Juli kita bagikan kepada tokoh agama, adat, masyarakat pemuda hingga warga sekitar berjumlah 2.300 bendera,” ujarnya.

Baca juga : Bangun Rasa Nasionalisme Warga, Camat Medan Marelan dan Jajaran Bagikan Bendara Merah Putih

Sementara itu rangkaian pembagian bendera merah putih juga berlanjut pada tanggal 29 Juli sampai 1 Agustus di seluruh Kecamatan, tanggal 6 Agustus di car free day, tanggal 13 Agustus di daerah wisata air terjun Ponot serta tanggal 15 Agustus kepada veteran, tokoh masyarakat dan Paskibra.

“Adapun tujuan gerakan Nasional pembagian bendera merah putih ini dalam rangka meningkatkan nasionalisme dalam rangka menyongsong Indonesia emas 2045” ujar Nizar.

Sementara Bupati Asahan H Surya mengatakan dengan pembagian bendera merah putih di Asahan ini diharapkan tergugahnya rasa patriotisme dan Nasionalisme untuk menghormati perjuangan para pahlawan.

“Diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme kita dari ancaman yang merusak kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” kata dia.

Surya menyinggung, apalagi rakyat Indonesia akan menggelar pesta demokrasi politik pada tahun 2024 yakni Pemilu dan diharapkan bisa ikut menggelorakan semangat dan menjaga nilai nilai demokrasi.

Baca juga : Semarakkan Hari Kemerdekaan ke-78, Pemko Medan Sebarkan 500 Bendera Merah Putih

Turut hadir Kapolres Asahan AKBP Rocky Hasuhunan Marpaung, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Franky Susanto. (Perdana/hm19)

Related Articles

Latest Articles