6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Alat Rontgen RSUD Sidikalang Rusak, Pemeriksaan Pasien Terganggu

Sidikalang,MISTAR.ID

Alat rontgen di Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Sidikalang dikabarkan rusak dan itu berdampak untuk pemeriksaan pasien, khusus pemeriksaan pasien terindikasi penyakit paru dan masalah tulang (ortopedi). Hal itu dibenarkan Direktur RSUS Sidikalang, dr Pesalmen Saragih, melalui Jetra H Bakara, Senin (5/6/23).

Dijelaskan, instalasi radiologi adalah salah satu sarana penunjang medis yang memberikan layanan pemeriksaan rontgen dengan hasil pemeriksaan berupa foto, gambar, imaging yang dapat membantu para dokter dalam merawat dan menentukan diagnosa pasien.

Dampak kerusakan ini  juga mengakibatkan  dokter berpotensi salah memberikan resep obat. Hal itu juga dikeluhkan sejumlah dokter spesialis karena alat rontgen termasuk penunjang dan pendukung dalam penanganan pasien  terindikasi penyakit paru dan masalah tulang tubuh manusia.

Baca Juga:Ahli Radiologi Menemukan Rontgen Dada Sangat Memprediksi Covid-19

“Benar, alat rontgen RSUD Sidikalang mengalami kerusakan, sudah berlangsung puluhan hari. Namun kerusakan itu sedang ditangani pihak PT Aneka Medika Indonesia selaku teknisinya dan pelaksana  pengadaan barang dimaksud . Tapi pihak teknisi sedang menginden barang itu dari luar negeri karena pabriknya tidak ada di indonesia. Jadi sudah di inden dan kemungkinan dalam waktu dekat ini sudah bagus dan bisa dioperasikan ” sebut Jetra H Bakara.

Jetra H Bakara mengatakan dana pembelian alat rontgen yang rusak itu bersumber dari anggaran Tahun 2020  bukan 2022, dan masa garansinya satu tahun dan udah habis. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles