17.7 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

12 Ekor Monyet Ekor Panjang Dilepasliarkan ke SM Karang Gading 

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Utara melepasliarkan 12 ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) ke kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading Langkat Timur Laut, tepatnya di Paluh Jaring baru-baru ini.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut, Elvina Simanjuntak mengatakan, pelepasliaran ini bekerja sama dengan lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia.

“Ke 12 ekor Monyet Ekor Panjang itu, 10 di antaranya merupakan satwa rehabilitant berasal dari Macaca Rescue Centre Batang Toru,” ujarnya, pada Kamis (13/7/23).

Baca juga: 6 Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kalimantan Barat

Sementara, kata Elvina, 2 ekor lagi berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS)  Sibolangit, yang sebelum dilepasliarkan menjalani rehabilitasi di kandang satwa, kantor Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. “Pelepasliaran kali ini dilakukan dengan jumlah yang paling banyak,” katanya.

Elvina mengatakan, keseluruhan satwa sudah menjalani tahapan rehabilitasi dan sesuai prosedur sudah dilakukan cek kesehatan, sebelum dilepasliarkan.

“Pelepasliaran ini diharapkan satwa liar ini dapat membantu regenerasi hutan di kawasan konservasi dengan penyebaran biji brembang,” tukasnya. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles