17.1 C
New York
Friday, May 17, 2024

Sabtu Ini Diprediksi Penyeberangan Ramai di Pelabuhan Tigaras

Simalungun, MISTAR.ID

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Tigaras Danau Toba, Kabupaten Simalungun memprediksi penyeberangan kapal bakal ramai pada Sabtu (27/1/24) weekend esok.

“Untuk saat ini belum ramai. Biasanya seperti ini sudah ramai pengunjung menyeberang ke Pulau Samosir. Mungkin besok sudah mulai ramai orang menyeberang,” ujar Darwin Purba selaku Kepala Kantor KSOPP Tigaras, pada Jumat (26/1/24).

Disampaikan Darwin lagi, aktivitas penyeberangan kapal juga bakal padat ketika menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Baca juga:Tugu KM Sinar Bangun, Lokasi Wisata Menunggu Antrian Kapal di Pelabuhan Tigaras

“Kalau untuk hari bisa tidak terlalu ramai. Imlek nanti baru ramai,” paparnya.

Saat ini juga disebutkan Darwin, cuaca di Danau Toba terbilang bagus. Akses penyeberangan kapal tidak terganggu dan ombak tak tinggi.

Diketahui, terdapat 7 Pelabuhan dan 4 Kapal Motor (KM) di kawasan Danau Toba yang diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu lalu.

Pelabuhan dan KM merupakan fasilitas yang harus ada di kawasan Danau Toba. Hal ini mendukung konektivitas dan membantu kegiatan masyarakat sehari-hari.

Baca juga:Kurangi Goncangan Saat Ombak, Kapal Tradisional di Pelabuhan Tigaras Dimodifikasi

Berikut 7 pelabuhan dan 4 KM yang diresmikan Presiden bisa dinikmati pengunjung yang hendak menyeberang ke Samosir :

Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Pelabuhan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Sedangkan KM yang diresmikan, KM Pora-pora berkapasitas 180 penumpang dan 15 kendaraan. KM Kaldera Toba berkapasitas 150 penumpang dan 15 kendaraan. KM Asa-asa berkapasitas 150 penumpang dan KM Jurung-jurung bermuatan 150 penumpang. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles