23.9 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Warga Protes Baliho Balon Bupati Deli Serdang Dipaku di Pohon

Deli Serdang, MISTAR.ID

Tanda gambar Bakal Calon (Balon) Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar menempel di banyak pohon pinggir jalan di daerah Lubuk Pakam dan Tanjung Morawa.

Warga pun melayangkan protes, karena dipasang di pohon dengan cara dipaku. Sejumlah spanduk bahkan sudah dicopot langsung oleh warga setempat.

“Jelas mengganggu keindahan dan merusak pohon. Sudah tidak tanam pohon, malah dirusak. Seharusnya Balon Bupati itu mencontoh yang baik. Tidak gratisan dan merusak lingkungan,” kata Rudi, warga Jalan Medan Lubuk Pakam, pada Sabtu (8/6/24).

Baca juga:Baliho Pj Bupati Taput dan Forkopimda Mulai Terpasang di Beberapa Titik

Pantauan mistar.id, banyak baliho mantan Wakil Bupati dan Bupati Deli Serdang 4 bulan itu menjadi ‘penunggu pohon’ di pinggir jalan Lubuk Pakam dan Tanjung Morawa.

Seharusnya pihak Satpol PP Kabupaten Deli Serdang yang langsung bertindak untuk mencopotnya. Karena jelas melanggar Peraturan Daerah (Perda). Apalagi dengan cara dipaku di pohon.

“Jika tidak ditindak, Satpol PP sama dengan membiarkan dan tak melaksanakan Perda. Seharusnya Balon Bupati itu memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana peduli terhadap lingkungan. Jika dipasang di pohon dengan cara dipaku, pertama menandakan tidak punya modal untuk beli kayu, kedua tidak memiliki kepedulian lingkungan dan mengabaikan tata keindahan kota,” kata sejumlah warga Tanjung Morawa.

Menyikapi hal tersebut, salah satu mantan anggota Panwaslu di Kabupaten Deli Serdang juga memprotesnya.

Baca juga:Sekda Minta Baliho dan Spanduk Gambar Eddy Kelleng Berlogo Pemkab Dairi Ditertibkan

“Pemerintah daerah (pemda) harus segera menertibkan, seperti pihak Satpol PP. Karena menyangkut izin pemasangannya alat peraga bakal bakal calon bupati itu,” bilangnya seraya meminta namanya jangan dipublikasikan.

Lanjutnya, baliho yang terpasang sebenarnya tidak termasuk dalam kategori Alat Peraga Kampanye (APK), karena statusnya masih belum masuk calon kepala daerah yang sudah ditetapkan.

Hanya saja masalahnya baliho itu dipasang dengan cara dipaku di pohon. Menurutnya, pohon di pinggir jalan itu harus dilindungi dan harus selalu menjaga keindahan. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles