21.6 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Gus Irawan Pasaribu Turun Gunung, Ikut Bursa Pilkada Tapsel

Tapsel, MISTAR.ID

Atas dorongan elemen masyarakat dan hasil rapat keluarga besar serta penugasan partai, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyatakan kesiapan untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2024.

“Berangkat dari banyaknya permintaan masyarakat, ditambah hasil rapat keluarga dan penugasan partai, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya siap maju di Pilkada Tapsel tahun ini,” ujar Gus Irawan, di acara sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tapsel di Aula Al-Jannah, Cottage MPM Parsorminan, Sipirok, Jum’at (7/6/2024).

Sarasehan ini juga dihadiri pengurus dan anggota Perhimpunan Purnabakti Aparatur Sipil Negara (PPASN) Pemkab Tapsel.

Baca juga:Hasil Evaluasi KPU, Jumlah Pemilih Pada Pilkada Simalungun Berpotensi Berubah

Kepada wartawan Gus Irawan menjelaskan, sudah sangat banyak masyarakat menyampaikan keluhan tentang kondisi pemerintahan Tapsel saat ini kepadanya. Kemudian ternyata keluhan itu juga disampaikan kepada saudara-saudaranya pendiri Yayasan Haji Hasan Pinayungan Pasaribu (YHPPH).

“Tapsel yang pada kepemimpinan Tapsel periode sebelumnya yaitu bang Syahrul Pasaribu sudah cukup baik dan maju. Tetapi akhir-akhir ini kabarnya mengalami kemerosotan, seperti di bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Semua ini sambungnya, terungkap pada rapat keluarga usai halal bi halal YHHPP di Sentul Bogor, sebagai tuan rumahnya abang tertua mereka Prof.H. Bomer Pasaribu

Lantas, setelah menghimpun seluruh keluhan masyarakat yang diterima para pendiri yayasan, maka disimpulkan dan dimintalah Gus Irawan Pasaribu untuk maju mencalon Bupati Tapsel di Pilkada serentak 2024.

Selain permintaan keluarga, keikutsertaan Gus Irawan juga didorong oleh keinginan Partai tempat ia bernaung Gerindra.

“Penugasan Ketua Umum kepada saya itu disampaikan oleh Ketua Harian Gerindra yakni bapak Prof. DR. Sufmi Dasco Ahmad pada saat Rakornas 7 Mei di Jakarta,” terang Gus Irawan.

Menurut Gus Irawan, keputusan ‘Turun Gunung’ untuk mewujudkan ‘Tapsel Kembali Bangkit’ ini tidak diputuskan dengan begitu saja. Tetapi juga didorong oleh adanya survey yang menghendaki pergantian Kepala Daerah, karena ketidakpuasan atas kinerja pemerintah daerah yang sangat tinggi.

Selain Gerindra, Gus Irawan juga akan melakukan koordinasi dengan partai pengusung lainnya. Saat ini Gus sedang berkordinasi dengan partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan partai lainnya mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat.

Baca juga:MK Tolak Gugatan Pilkada Tapsel, Dolly-Rasyid Sah Terpilih

Secara terpisah, Hj. Lisliwati Pasaribu, yang ditemui wartawan di gedung Yayasan Haji Hasan Pinayungan Pasaribu (HHPP), Jalan MT Haryono, Kampung Marancar, Kota Padangsidimpuan Jum’at (7/6/2024), membenarkan bahwa keluarga besar mereka meminta Gus Irawan Pasaribu untuk maju di Pilkada Tapsel.

“Benar, ini hasil rapat keluarga besar Haji Hasan Pinayungan pada acara Halal Bi Halal tanggal 4 dan 5 Mei kemarin. Alasannya, marwah Pemkab Tapsel dan marwah keluarga harus diselamatkan,” jelas Lisliwati.

Seperti diketahui, Gus Irawan sudah dua periode menjadi anggota DPR RI dan terpilih kembali untuk periode yang ketiga dari Dapil Sumut 2 di Pemilu 2024 kemarin. Gus Irwan yang merupakan mantan Direktur Utama Bank Sumut pada 2012 juga pernah ikut dalam bursa pemilihan Gubernur berpasangan dengan Sukirman. Namun langkahnya untuk menjadi orang nomor satu di Provinsi Sumatera Utara gagal karena dikalahkan oleh Gatot dan tengku Erry.  (amran/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles